7 Pesepakbola Indonesia yang Banting Setir usai Pensiun, Nomor 5 Ternak Lele di Karanganyar

Rilo Pambudi · Kamis, 04 Agustus 2022 - 10:05:00 WIB
7 Pesepakbola Indonesia yang Banting Setir usai Pensiun, Nomor 5 Ternak Lele di Karanganyar
Wahyu Wijiastanto eks bek Timnas Indonesia banting setir setelah tidak aktif main sepak bola. Wahyu diketahui menjadi peternak lele dan burung di kampungnya, Karanganyar. (Foto IG wahyuwijiastanto13)

JAKARTA, iNews.id - Ada beberapa pesepakbola Indonesia yang banting setir atau beralih profesi sesudah pensiun dari dunia olahraga. Beberapa pensiunan pemain sepak bola berikut ini sekarang menggeluti bidang lain.

Beberapa dari mereka bahkan pernah membela Timnas Indonesia di sejumlah ajang. Namun, para mantan pemain itu kini telah menjalani profesi yang jauh dari sepak bola. 

Ada yang menjadi politisi, PNS, wirausaha bahkan penjaga kelab malam. Siapa saja mereka? Berikut ini adalah daftarnya yang telah dirangkum iNews.id.

1. Anang Ma’ruf
Anang Ma’ruf  merupakan mantan bek kawakan Indonesia yang pernah bermain di beberapa klub besar Liga Indonesia. Ia sempat menjadi stopper di Deltras Sidoarjo, Persebaya Surabaya, hingga Persija Jakarta.

Nama Anang Ma’ruf mengisi skuat Timnas Garuda era 1995-2000. Ia tercatat pernah 28 kali bermain bersama Timnas Indonesia di berbagai ajang. Sayangnya, nasib buruk sempat menimpa Anang Ma’ruf ketika tertipu investasi bodong yang membuat tabungan selama berkarier di sepak bola ludes. 

Pada tahun 2015, mantan olahragawan ternama itu sempat mencoba menjadi sopir ojek online untuk menghidupi keluarganya. Namun kabar terakhir menyebut bahwa ia mendapat perhatian Pemkot Surabaya untuk menjadi staf di bidang olahraga dan prestasi Dispora Surabaya. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: