Abaikan Protokol Kesehatan, 700 Pedagang di Purbalingga Berdesakan Demi Bantuan Sembako

Catur Edi Purwanto ยท Kamis, 21 Mei 2020 - 13:16 WIB
Abaikan Protokol Kesehatan, 700 Pedagang di Purbalingga Berdesakan Demi Bantuan Sembako
Antrean 700 pedagang terdampak corona saat mengambil bantuan sembako di kantor Bupati Purbalingga, Kamis (21/5/2020). (Foto: iNews/Catur Edi Purwanto)

PURBALINGGA, iNews.id - Ratusan pedagang berdesakan saat antre mendapatkan paket sembako gratis dari Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Para pedagang tersebut tidak mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan panitia.

Sedikitnya 700 pedagang terdampak corona berkerumun di pintu masuk ke pendopo Kantor Bupati Purbalingga. Petugas dari satuan polisi pamong praja (Satpol PP) terus mengingatkan kepada para pedagang agar tertib.

"Tolong bapak ibu yang di belakang mundur dulu jarak 1 meter," kata petugas.

Namun peringatan itu seolah tidak dipedulikan. Tanpa rasa takut, para pedagang tetap antre berdesakan. Ratusan orang itu merupakan pedagang kaki lima dan pedagang yang biasa berjualan di berbagai pasar tradisional di Purbalingga.

"Biasanya kita kalau Ramadan ada buka puasa bersama dengan para pedagang, tapi karena suasana Covid-19, kita berikan bantuan sembako," ucap Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, Kamis (21/5/2020).

Sebelum menerima bantuan, petugas melakukan protokol kesehatan dengan memeriksa suhu tubuh dan menyemprotkan cairan disinfektan. Bantuan paket sembako dibagikan guna meringankan beban ekonomi para pedagang yang terdampak corona.


Editor : Nani Suherni