Afryda Afryana, Remaja Asal Demak Jadi Pejuang Literasi di Kampung

Taufik Budi · Senin, 22 November 2021 - 06:55:00 WIB
Afryda Afryana, Remaja Asal Demak Jadi Pejuang Literasi di Kampung
Afryda Afryana saat mendongeng di depan anak-anak di Griya Baca. Foto: Okezone/Taufik Budi.

DEMAK, iNews.id – Afryda Afryana (24) warga Desa Ngelowetan, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak selalu dikelilingi bocah-bocah karena kepiawaiannya mendongeng. Boneka Si Loka yang bergerak lucu di tangannya kerap mengundang tawa renyah bocah. 

Sosoknya yang energik bukan hanya menjadi magnet bagi anak-anak, tetapi banyak juga remaja dan ibu-ibu yang bergabung untuk menggarap potensi desa. Pida, panggilan akrabnya, kini menjadi Sekretaris Karang Taruna di desanya. 

Dia memiliki cerita panjang seputar organisasi kepemudaan itu. Wadah berekspresi bagi pemuda di desanya telah lama mati suri. Pida yang baru menamatkan pendidikan S1, merangkul mereka untuk bangkit dan bersatu. 

“Awalnya saya melihat organisasi pemuda di desa ini tidak berjalan. Padahal banyak remaja yang berbakat dan memiliki kapasitas yang bagus, namun hanya sibuk dengan urusan sendiri-sendiri. Karena itu saya tergerak untuk mengajak mereka menghidupkan organisasi karang taruna di desa,” tutur Pida. 

Sebelumnya ada wadah untuk pemuda di tingkat dusun namanya Laskar Ismaya. Agar bisa merangkul lebih banyak pemuda, selanjutnya dilebur menjadi satu di tingkat desa menjadi karang taruna.

Sejak saat itu, karang taruna di Desa Ngelo Wetan yang diberi nama Loka Jaya terus menampakkan eksistensinya. Pemberian nama Loka Jaya bermakna penuh energi. Diharapkan kehadiran dan eksistensi Loka Jaya dapat memberikan energi positif bagi masyarakat.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: