Akademisi: Permentan 10 Tahun 2022 Positif untuk Stabilitas Harga dan Distribusi Pupuk Bersubsidi

Ahmad Antoni ยท Minggu, 21 Agustus 2022 - 09:27:00 WIB
Akademisi: Permentan 10 Tahun 2022 Positif untuk Stabilitas Harga dan Distribusi Pupuk Bersubsidi
Stok pupuk subsidi di gudang Kecamatan Ceper, Klaten. (foto Ist)

SEMARANG, iNews.id - Kementerian Pertanian (Kementan) mengeluarkan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) No 10 Tahun 2022 terkait dengan Tata Cara Penetapan Alokasi dan Eceran Tertinggi Pupuk Bersubsidi Sektor Pertanian. Permentan ini diharapkan tata kelola pupuk bersubsidi dapat lebih baik dan mengantisipasi kondisi krisis pangan global.

Menurut Kepala Prodi Agribisnis pada Fakultas Petenakan dan Pertanian Universitas Diponegoro (Undip), Dr  Siwi Gayatri, Permentan tersebut positif, salah satu tujuannya untuk menstabilitaskan harga dan distribusi pupuk subsidi yang lebih baik agar tidak terjadi penyelewengan.

"Keluarnya peraturan tersebut positif karena untuk stabilitas harga dan distribusi, terutama biar tidak ada penyelewengan," kata Siwi Gayatri, Minggu (21/8/2022).  

Dia mengatakan, mekanisme pengusulan alokasi pupuk bersubsidi dilakukan dengan menggunakan data spasial dan data luas lahan dalam sistem informasi manajemen berbasis digital dan teknologi yang dinilai cukup baik agar lebih tepat sasaran.

"Kalau itu sih saya melihatnya oke-oke saja ya, karena kita kan juga tidak bisa terlepas dari digitalisasi, jadi justru malah dengan data seperti itu juga lebih akurat, cuman masalahnya di lapangan penyuluhnya itu dibebani administrasi seperti itu mereka justru tidak fokus pada transfer  knowledgenya ke petani itu kan jadi berkurang ya, karena setiap waktu selalu dibutuhkan perubahan data terus pengiriman data terbaru," katanya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: