Anjuran Menghormati Ahlul Bait dalam Alquran

Kastolani · Rabu, 11 November 2020 - 06:33:00 WIB
Anjuran Menghormati Ahlul Bait dalam Alquran
Ribuan orang menyambut kedatangan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab di Petamburan, Selasa (10/11/2020). (Foto: Okezone/Arif Julianto)

JAKARTA, iNews.id - Habib Rizieq akhirnya pulang ke Indonesia setelah hampir tiga tahun tinggal di Arab Saudi. Dari data Rabithah Alawiyah, Habib Rizieq terkait langsung dengan Nabi Muhammad SAW.

Habib Rizieq berasal dari Qabilah (marga) Bin Shihab (sebagian menyebutkan Bin Shahab atau Bin Shihabuddin).

Muslim, dianjurkan untuk memuliakan dan menghormati para ahlul bait atau keturunan Rasulullah SAW. Ahlul bait merupakan keturunan suci Rasulullah SAW yang memiliki ikatan nasab, mereka adalah keturunan Fathimah sampai hari kiamat. Demikian yang dijelaskan Imam Nawawi dalam Syarh Al-Muhadzdzab.

Anjuran untuk menghormati ahlul bait ini termaktub dalam Alquran; Allah SWT berfirman:

ذٰلِكَ الَّذِيْ يُبَشِّرُ اللّٰهُ عِبَادَهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِۗ قُلْ لَّآ اَسْـَٔلُكُمْ عَلَيْهِ اَجْرًا اِلَّا الْمَوَدَّةَ فِى الْقُرْبٰىۗ وَمَنْ يَّقْتَرِفْ حَسَنَةً نَّزِدْ لَهٗ فِيْهَا حُسْنًا ۗاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ شَكُوْرٌ

Artinya: Itulah (karunia) yang (dengan itu) Allah menggembirakan hamba-hamba-Nya yang beriman dan mengerjakan amal saleh. Katakanlah, "Aku tidak meminta kepadamu sesuatu upah pun atas seruanku kecuali kasih sayang dalam kekeluargaan.” Dan siapa yang mengerjakan kebaikan akan Kami tambahkan baginya kebaikan pada kebaikannya itu. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. (QS. Asy-Syura: 23)

Sehubungan dengan tafsir ayat tersebut, Abdullah ibnu Abbas radhiallahu anhu menyatakan memang tidak diingkari adanya wasiat (anjuran) serta perintah untuk memperlakukan ahli bait dengan perlakuan yang baik dan menghormati serta memuliakan mereka (ahlul bait).

Karena sesungguhnya mereka berasal dari keturunan yang suci dari ahli bait yang paling mulia di muka bumi ini dipandang dari segi keturunan, kedudukan, dan kebanggaannya. Terlebih lagi bila mereka benar-benar mengikuti sunnah nabi yang sahih, jelas, dan gamblang; seperti yang telah dilakukan oleh para pendahulu mereka, misalnya Al-Abbas dan kedua putranya, Ali dan ahli bait serta keturunannya. Semoga Allah melimpahkan rida-Nya kepada mereka.

Editor : Kastolani Marzuki