Awasi Penyembelihan Hewan Kurban, Pemkab Sukoharjo Antisipasi Adanya Cacing Hati

Ary Wahyu Wibowo ยท Rabu, 21 Juli 2021 - 21:51:00 WIB
Awasi Penyembelihan Hewan Kurban, Pemkab Sukoharjo Antisipasi Adanya Cacing Hati
Pengecekan daging hewan kurban yang dilakukan petugas Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo, Rabu (21/7/2021). Foto: Ist.

SUKOHARJO, iNews.id - Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo mengawasi pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, Rabu (21/7/2021). Pengawasan di antaranya untuk mengantisipasi adanya cacing hati pada hewan kurban yang disembelih.  

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo, Bagas Windaryatno mengatakan, pemeriksaan hewan kurban telah dilaksanakan sejak H-1 Idul Adha oleh tim dokter kesehatan hewan. Tim memeriksa kesehatan hewan sebelum dipotong. Setelah itu, dilakukan pengawasan langsung ke lapangan untuk mengantisipasi adanya cacing hati pada ternak setelah disembelih. 

"Dari hasil pemantauan hari ini, tidak ada temuan cacing hati pada daging hewan kurban," kata Bagas Windaryatno, Rabu (21/7/2021). 

Sehari sebelumnya, tim menerima laporan adanya jerohan sapi yang terinfeksi cacing hati, tetapi jumlahnya tidak banyak. Pada kasus seperti ini, pihaknya meminta agar jerohan dibuang dan tidak dibagikan karena tidak layak konsumsi.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: