Bak Model, Begini Gaya Istri Ganjar Pranowo di Atas Catwalk Semarang Fashion Trend 2022

Ahmad Antoni ยท Minggu, 07 Agustus 2022 - 11:28:00 WIB
Bak Model, Begini Gaya Istri Ganjar Pranowo di Atas Catwalk Semarang Fashion Trend 2022
Aksi Siti Atikoh berlenggak-lenggok di atas catwalk Semarang Fashion Trend 2022, di BBPVP Semarang. (Dok JatengProv)

“Terima kasih beliau selalu men-support kami. UMKM di Blora khususnya yang batik fashion, harapannya sudah (siap) ready to wear,” katanya.

Sementara itu, desainer pakaian asal Blora Lydia Christine mengatakan, batik Blora terinspirasi oleh lingkungan sekitarnya.  Dia mengaku kali pertama mencipta batik, karena iba dengan kondisi masyarakat. Ia akhirnya menggandeng para UMKM di Blora untuk dibina, dan membuat ragam motif batik.

“Awalnya saya lihat banyak yang daftar kerja tapi tidak lulus sekolah. Nah dari situ timbul keinginan bantu. Nah batik ini kan relatif mudah pengerjaannya, bisa dilakukan orang muda sampai tua,” ujarnya yang telah delapan tahun menekuni bisnis fesyen batik motif Blora itu. Rupanya keinginan membantu Lydia direstui semesta. Ternyata, leluhurnya pun merupakan perajin batik di Blora.

“Di rumah itu ada seperti kolam-kolam besar, rupanya simbah dulu juga pembatik. Kolam itu untuk mewarnai batik,” ungkapnya.

Kepala Perwakilan BI Jateng Rahmat Dwisaputra mengatakan, pihaknya turut mendukung perkembangan batik Blora. Ini dilakukan dengan penguatan para pelaku UMKM. “Harapannya batik Blora bisa sejajar dengan batik lain yang sudah eksis,” ujarnya.

Bupati Blora Arief Rohman mengatakan, berbagai usaha dilakukan untuk mempromosikan batik motif Blora. Hal itu agar bisa mengungkit ekonomi warga Blora.

“Ini dilakukan dengan pembinaan pada perajin, motif diperbaiki. Kita ikuti event di Yogya, Semarang, juga di Jakarta ada diaspora perkenalkan batik Blora,” katanya.

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel: