Balap Lari Liar Rambah Kota Semarang-Solo, Ganjar: Mlayuo Sing Banter Le

Ahmad Antoni ยท Selasa, 15 September 2020 - 20:14 WIB
Balap Lari Liar Rambah Kota Semarang-Solo, Ganjar: Mlayuo Sing Banter Le
Aksi balap lari liar kini mewabah di Kota Semarang. (Foto: Dok.iNews.id)

SEMARANG, iNews.id - Aksi balap lari liar di jalanan tak hanya di Jakarta dan kota-kota lainnya di Jawa Barat. Aksi olahraga yang bukan pada tempatnya itu juga telah mewabah di Kota Semarang dan Solo.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pun angkat bicara terkait maraknya aksi balap lari liar yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia termasuk di Kota Semarang dan Solo baru-baru ini. Ganjar menyarankan agar lari liar itu dijadikan lomba yang jelas namun tak boleh ditonton.

“Kalau memang mereka itu bener-bener seperti itu, udah deh tak ajak aja yuk, tak gaweke tempat yo, terus kemudian mlayuo,” kata Ganjar, Selasa (15/9/2020).

Dia mengatakan, bila para pelari lihat itu setuju maka pihaknya akan memfasilitasi. Sehingga, kegiatannya lebih jelas dan bermanfaat.

“Kalau mereka setuju ketemu saya. Tak buatin lomba, wis lomba mlayu (lari) malah jelas. Tak kei (kasih) lapangan mlayuo sing banter le (saya kasih lapangan lari lah yang kencang nak),” kata Ganjar.

Ganjar mengatakan, pemprov akan meminjamkan fasilitas olahraga milik Pemkot Semarang yakni Stadion Tri Lomba Juang.

“Nanti tak kasih tempat, kita tak pinjamkan stadionnya pak Hendi (Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi) itu. Untuk kemudian kita lombakan, malah sehat. Tapi jangan ditonton,” ujar Ganjar.

Menurut Ganjar, kegiatan balap lari itu bagus. Namun, spiritnya harus diubah. Dari yang semula sebagai aktivitas yang menimbulkan keramaian bahkan kericuhan, menjadi spirit olahraga.


Editor : Kastolani Marzuki