Banjir Rendam Ribuan Rumah di Demak akibat Tanggul Sungai Tuntang Jebol

Sukmawijaya ยท Kamis, 09 Januari 2020 - 17:05 WIB
Banjir Rendam Ribuan Rumah di Demak akibat Tanggul Sungai Tuntang Jebol
Banjir menggenangi ribuan rumah di lima desa di Kabupaten Demak, Jateng, Kamis (9/1/2020). (Foto: iNews/Sukmawijaya)

DEMAK, iNews.idBanjir menerjang lima desa di Kabupaten Demak, Jawa Tengah akibat tanggul Sungai Tuntang jebol lantaran tidak kuat menahan debit air setelah diguyur hujan deras semalaman, Kamis (9/1/2020).

Banjir tersebut merendam ribuan rumah warga. Ketinggian banjir yang terus bertambah hingga satu meter memaksa warga mengungsi ke tempat lebih aman. Beberapa warga juga terlihat menyelamatkan barang berharga atau ternak agar tidak hanyut terbawa banjir.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) titik tanggul sungai yang jebol terjadi di wilayah Dukuh Gobang, Desa Trimulyo, Kecamatan Guntur. Tanggul setinggi lebih dari 10 meter itu jebol hingga menggenangi ratusan hectare sawah dan permukiman warga. Banjir semakin parah karena kiriman air dari hulu sungai akibat curah hujan tinggi.

BACA JUGA:

Meski Banjir, Warga Sayung Demak Antusias Datangi TPS

Banjir Grobogan Rendam 8 Kecamatan, Puluhan Rumah Rusak, 1 Tewas

Warga Trimulyo, Muhasan mengatakan, tanggul Sungai Tuntang yang jebol berada di dekat pipa irigasi yang biasa untuk pengairan sawah saat musim kemarau. “Tanggul itu jebol Rabu (8/1/2020) pagi, terus banjir melimpas ke areal pertanian sampai rumah warga,” katanya.

Petugas mengevakuasi hewan ternak akibat banjir di Demak, Kamis (9/1/2020). (Foto: iNews/Sukmawijaya)
Petugas mengevakuasi hewan ternak akibat banjir di Demak, Kamis (9/1/2020). (Foto: iNews/Sukmawijaya)

 

Warga lainnya, Anwar mengatakan, sebagian besar warga di desanya sudah mengungsi karena seluruh rumah terendam banjir. “Ya, tanggul jebol. Warga sudah ngungsi karena banjir sampai wilayah atas,” katanya. 


Editor : Kastolani Marzuki