Banjir Rob di Kendal Rendam Puluhan Rumah, Aktivitas Warga Terganggu

Eddie Prayitno ยท Sabtu, 30 Mei 2020 - 03:00 WIB
Banjir Rob di Kendal Rendam Puluhan Rumah, Aktivitas Warga Terganggu
Banjir rob merendam jalan di Kelurahan Bandengan, Kabupaten Kendal. (Foto: iNews/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id - Puluhan rumah di Kelurahan Bandengan Kecamatan Kota, Kabupaten Kendal terendam banjir rob hingga ketinggian 50 cm, Jumat (29/5/2020). Selain mengganggu aktivitas warga, banjir juga menyebabkan sejumlah perabotan rumah warga rusak.

Air pasang laut itu mulai masuk ke permukiman warga sejak siang hingga malam hari. Semakin sore, ketinggian air terus naik hingga merendam jalan dan masuk ke rumah-rumah warga, bahkan beberapa kendaraan yang melintas mogok.

Warga Bandengan, Suyatmi menuturkan, banjir rob terjadi sejak satu bulan lalu, namun sejak beberapa hari terakhir ketinggian air terus naik dan terjadi hampir setiap hari.

“Kalau robnya sudah sebulan lalu, tapi sekarang semakin parah. Air sampai masuk ke dalam rumah,” katanya.

Suyatmi dan warga lainnya mengaku tidak bisa berbuat banyak dengan fenomena alam yang rutin terjadi tiap tahun itu. “Ya, paling hanya bisa nyelametin barang-barang aja di dalam biar nggak kena rob,” katanya.

Tokoh Masyarakat Kelurahan Bandengan, Sri Supriyati mengatakan, banjir rob yang menerjang kelurahan bandengan yang berada di pesisir utara Kendal ini terjadi selama bertahun-tahun.

“Tiap tahun pasti kena rob. Tapi, hingga kini belum ada langkah nyata dari pemerintah daerah Kendal untuk menanggulangi fenomena alam tersebut,” ujarnya.

Dia berharap bupati segera turun tangan menyelesaikan masalah rob tersebut sehingga aktivitas masyarakat kembali normal.


Editor : Kastolani Marzuki