Banjir Rob Terjang 2 Desa di Brebes, Ratusan Rumah dan Sekolah Terendam

Yunibar ยท Kamis, 18 November 2021 - 08:51:00 WIB
Banjir Rob Terjang 2 Desa di Brebes, Ratusan Rumah dan Sekolah Terendam
Salah satu sekolah terendam banjir rob yang menerjang dua desa di Kabupaten Brebes, Kamis (18/11/2021). (iNews/Yunibar)

BREBES, iNews.id - Banjir rob menggenangi permukiman warga di dua desa di Kabupaten Brebes, yakni Desa Randusanga Kulon dan Desa Randusanga Wetan, Kecamatan Brebes, Kamis (18/11/2021) pagi. Banjir rob juga menggenangi sejumlah sekolah.

Rob memasuki rumah warga di pesisir pantai dengan ketinggian 20 hingga 30 sentimeter mulai pukul 04.00 WIB. Banjir baru surut enam jam kemudian. Akibatnya aktivitas warga sekitar terganggu karena akses jalan juga terendam.

“Ada ratusan rumah warga yang terendam rob sejak beberapa hari lalu,” kata Kepala Desa Randusanga Kulon, Afan Setiyono. “Selain menggenangi pemukiman warga, 500 hektare tambak warga juga terendam rob hingga terancam gagal panen,” katanya. 

Banjir rob juga merendam sekolah dasar di Desa Randusanga Kulon. Air rob masuk ke seluruh ruang kelas mengakibatkan kegiatan belajar terganggu. Namun hampir setiap tahun terjadi belum ada rencana peninggian ruang kelas dari Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes.

Banjir rob dikhawatirkan semakin tinggi karena intensitas hujan beberapa hari terakhir cukup tinggi. Pemerintah Desa Randusanga Kulon berharap ada normalisasi Sungai Sibelis agar genangan rob cepat surut.

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel: