Bawa Surat Sehat, Pemudik di Pantura Pemalang Tetap Diputar Balik

Suryono Sukarno ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 00:32 WIB
Bawa Surat Sehat, Pemudik di Pantura Pemalang Tetap Diputar Balik
Petugas Satlantas Polres Pemalang memeriksa surat-surat kendaraan pemudik di jalur Pantura Pemalang. (Foto: iNews/Suryono Sukarno)

PEMALANG, iNews.id – Sejumlah pemudik diminta putar balik saat tiba di Pemalang, Jawa Tengah, Kamis (21/5/2020). Meski mereka sudah mengantongi surat sehat dan surat jalan lengkap dari daerah asal, mereka tetap tidak diperbolehkan melanjutkan perjalanan mudik ke kampung halaman.

Sejumlah pemudik awalnya menolak dan memnta melanjutkan perjalanan, bahkan menunjukan surat jalan juga surat sehat dari Dinas Kesehatan, seperti daerah Tangerang, Bogor, Depok dan DKI.

“Saya dari Tangerang menuju Surabaya, sampai diPemalang diperiksa di posko dan terpaks putas balik lagi,“ kata pemudik asal Surabaya, Saparli.

Tak hanya pengendara bermobil, pemudik bermotor juga dihentikan dan diperiksa, selanjutnya mereka diminta putar balik lagi .

“Saya dari Jakarta berangkat subuh. Sampai sini sudah sore dan diperiksa disini lalu diminta putar balik,” kata Hadi, pemudik bermotor.

Operasi penyekatan ini dilakukan 24 jam, dan di posko ini ada beberap tim yaitu dari Polri, TNI, dinas Kesehatan, Relawan juga BPBD setempat. Operasi selama mudik ini terus dilakukan hingga arus balik juga selama pandemi Covid-19.

Kabag Perencana Polres Pemalang, AKP Pranata mengatakan, operasi penyekatan pemudik ini sesuai peraturan larang mudik karena pandemi Covid-19. Pemudik yang lolos melintas dari arah Jakarta atau daerah merah dihentikan, diperiksa lalu diminta balik arah ke arah jakarta lagi.

“Mobil dan motor pemudik dihentikan, lalu dimasukan ke pos ini dan diperiksa satu per satu.  Pemeriksaan meliputi kelengkapan surat- surat, penggunaan masker, suhu tubuh, juga penyemprotan disinfektan untuk mobil atau kendaraanya,” kata  AKP Pranata.

Pemudik, sopir dan penumpang juga diminta cuci tangan dan diberikan penjelasan oleh petugas. Para pemudik ini diminta putar balik lagi, tidak melanjutkan perjalanan. “ Sesuai peraturan , dilarang mudik , mereka tetap diminta putar balik,” kata AKP Pranata.


Editor : Kastolani Marzuki