Begini Cara Mahasiswa Menangani Pasien Covid-19 Kekurangan Oksigen di Banyumas

iNews.id ยท Rabu, 28 Juli 2021 - 15:11:00 WIB
Begini Cara Mahasiswa Menangani Pasien Covid-19 Kekurangan Oksigen di Banyumas
Mahasiswa relawan Universitas Muhammadiyah Purwokerto Banyumas memberikan cara pengobatan suportif dan rehabilitatif dalam mengatasi hipoksia dengan penggunaan oksigen. (Foto: Dok Humas UMP).

PURWOKERTO, iNews.id - Banyak pasien Covid-19 mengalami kekurangan oksigen dalam beberapa hari ini. Hingga saat ini belum ada pengobatan yang dianjurkan dalam mengatasi hipoksia atau kekurangan oksigen pada pasien tersebut. 

Namun demikian, penelitian terus dilakukan. Mahasiswa Relawan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP),  Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, memberikan cara pengobatan suportif dan rehabilitatif dalam mengatasi hipoksia dengan penggunaan oksigen.

Ketua KKN relawan Covid Banyumas di Rumah Karantina Diklat Baturaden Annisa Dita Dewi mengatakan, ada beberapa pasien dirawat di RK Diklat yang terpakasa harus dirujuk ke rumah sakit karena mengalami hipoksia.

“Hipoksia adalah keadaan dimana saturasi oksigen dalam tubuh rendah dibawah 95 persen. Kondisi ini sering dijumpai pada pasien Covid-19 yang ditandai dengan perasaan sesak saat bernapas,” kata Annisa dikutip dari purwokerto.inews.id, Rabu (28/7/2021).

Beberapa penelitian menjelaskan hipoksia merupakan faktor resiko terjadinya kematian yang lebih besar, sehingga sangat penting untuk memantau saturasi oksigen dalam tubuh pasien Covid-19,” katanya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: