Berawal Iseng, Petani Blora Ini Sukses Budi Daya Porang Beromzet Ratusan Juta Rupiah

Heri Purnomo ยท Minggu, 25 April 2021 - 09:52:00 WIB
Berawal Iseng, Petani Blora Ini Sukses Budi Daya Porang Beromzet Ratusan Juta Rupiah
Heriyanto, petani asal Desa Karanggeneng, Kecamatan Kunduran, Blora sukses meraup ratusan juta rupiah dari hasil budi daya porang. (iNews/Heri Purnomo)

BLORA, iNews.id - Di tengah pandemi Covid-19, banyak petani yang berpenghasilan pas-pasan karena pupuk sulit dan harga panen turun. Namun berbeda dengan Heriyanto, petani asal Desa Karanggeneng, Kecamatan Kunduran.

Heriyanto sukses memilih peluang bisnis yang menjanjikan dengan menanam porang. Berawal dari iseng menanam porang, sekarang dia sudah memiliki penghasilan hingga ratusan juta rupiah. 

Sebelumnya Heriyanto adalah seorang pengusaha briket ekspor dan ia juga memiliki kebun yang ditanami tanaman keras seperti durian, klengkeng dan tebu.

Dia mengatakan, berawal dari iseng dengan modal sebesar tujuh juta rupiah di tahun 2016 nekat membeli bibit porang yang dia sendiri tidak tahu tentang tanaman porang.

“Saya mendengar tanaman porang dari adik. waktu itu ditawari untuk menanam porang. Kemudian pada 2016  saya mencari bibit dengan cara browsing di google dan menemukan penjual bibit di Madiun. Bibitnya berupa katak dengan harga per kilogram Rp70.000,” kata Heriyanto, Sabtu (24/4/2021). 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: