Berdalih Ritual Penyembuhan, Buruh di Purworejo Perkosa Siswi SMK

Joe Hartoyo ยท Rabu, 19 Februari 2020 - 12:45 WIB
Berdalih Ritual Penyembuhan, Buruh di Purworejo Perkosa Siswi SMK
Kasat Reskrim Polres Purworejo Haryo Seto (kiri). (Foto: iNews/Joe Hartoyo)

PURWOREJO, iNews.id - Waluyo (43) warga desa Tlogopucang, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung diamankan Polres Purworejo. Dia diduga memperkosa salah satu siswi SMK di Purworejo pada Rabu, (12/2/2020)

Dari hasil pemeriksaan polisi, kejadian persetubuhan bermula saat korban pulang sekolah menunggu angkutan umum pada 12 Februari. Saat itu, korban bertemu dengan tersangka di dekat alun-alun Purworejo.

Keduanya lantas mengobrol hingga pukul 19.00 WIB. Tersangka yang sehari-hari bekerja sebagai buruh harian lepas ini sempat mengajak korban makan bakso di depan SMPN 4 Purworejo. Selesai makan, korban merasa seperti hilang akal dan tidak sadar.

Pukul 21.00 WIB korban diajak berjalan hingga SPBU Suronegaran. Di sana Waluyo membeli sebotol air mineral yang katanya untuk ritual mengobati penyakit ibu korban.

Usai membeli air mineral keduanya berjalan lagi ke arah utara hingga sampai di Jembatan Sejiwan yang berjarak kurang lebih lima kilometer dari alun-alun Purworejo. Di bawah jembatan tersebut, Waluyo memperkosa korban.

"Setelah diperkosa korban belum sadar hingga dibawa pelaku ke sebuah masjid. Di sana korban baru sadar dan meminta tolong saksi," kata Kasat Reskrim Polres Purworejo Haryo Seto, Rabu (19/2/2020).

Pelaku yang saat itu sedang tertidur di masjid langsung diamankan warga sekitar. Sementara itu, pelaku mengatakan, dengan mudah mengajak korban berkomunikasi.

"Ya korban nurut sama saya," kata Waluyo.

Akibat perbuatannya tersangka dijerat dengan pasal 286 kuhp tentang bersetubuh dengan perempuan yang bukan istrinya dengan hukuman maksimal 9 tahun penjara. Barang bukti yang disita yakni tas kulit selempang, sarung, satu botol air mineral serta beberapa potong pakaian milik korban.


Editor : Nani Suherni