Bidan Desa ke Ganjar: Kami Butuh Bantuan Pak, Ambulans Laut untuk Antar Ibu Hamil

Ahmad Antoni ยท Jumat, 10 September 2021 - 22:26:00 WIB
Bidan Desa ke Ganjar: Kami Butuh Bantuan Pak, Ambulans Laut untuk Antar Ibu Hamil
Gubernur Ganjar saat berbincang dengan Susniwati (kanan), bidan desa Pulau Parang Karimunjawa . (foto: Istimewa)

JEPARA, iNews.id  -  Seorang perempuan berseragam kuning mendadak mendatangi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mengecek sejumlah lokasi di Pulau Parang Karimunjawa, Jumat (10/9/2021). Perempuan itu ternyata Susniwati, bidan desa Pulau Parang Karimunjawa.

Saat Ganjar mengecek dermaga, Susniwati langsung mengajukan permohonan pada Ganjar. Dia meminta agar Ganjar memberikan bantuan ambulans laut untuk mengantarkan ibu hamil dan pasien emergency ke Puskesmas Karimunjawa atau rumah sakit di Jepara.

"Kami butuh bantuan pak, ambulans laut untuk mengantarkan ibu hamil atau pasien emergency. Soalnya selama ini, kami hanya pakai kapal kayu biasa seperti ini. Kalau ombaknya tinggi itu bahaya pak," katanya pada Ganjar.

Susniwati mengatakan, tidak adanya ambulans laut membuat warga kesulitan saat ingin memeriksakan kesehatan. Apalagi saat kondisi darurat misalnya ibu hamil dengan pendarahan atau risiko tinggi, sangat berbahaya mengarungi laut dengan kapal nelayan.

"Selama ini pakai kapal biasa, kapal nelayan. Bisa 3 jam untuk ke Karimunjawa, bahkan bisa lebih. Risikonya tinggi, apalagi saat ombak besar. Kalau ada ambulans laut bisa mempercepat, apalagi kan tentu di dalamnya ada peralatan pertolongannya," ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: