BMKG: Gelombang Tinggi di Laut Jawa Diperkirakan Masih Terjadi hingga Jumat

Nani Suherni ยท Kamis, 04 Juni 2020 - 10:39:00 WIB
BMKG: Gelombang Tinggi di Laut Jawa Diperkirakan Masih Terjadi hingga Jumat
Ilustrasi gelombang tinggi (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.di - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menginformasikan gelombang tinggi di laut Jawa diperkirakan masih terjadi hingga Jumat (4/6/2020). Hal ini memicu banjir rob di sejumlah wilayah Jawa Tengah, seperti Kabupaten Pekalongan dan Semarang.

Plt Deputi Bidang Meteorologi Herizal mengatakan, potensi rob masih akan berlangsung pada awal bulan Juni. Terutama untuk perairan utara Jawa.

"Hal ini dikarenakan pada awal Juni memasuki periode bulan purnama (full moon/spring tide) yang mengakibatkan kondisi pasang cukup tinggi di beberapa wilayah Indonesia," katanya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/6/2020).

Selain dari faktor astronomis, faktor fisis laut juga sangat mempengaruhi terhadap rob. Dari hasil analisis model gelombang laut teridentifikasi tinggi gelombang di Laut Jawa mencapai 2,5 meter hingga 4,0 meter. Ini juga dipicu angin yang berembus persisten dengan kecepatan hingga 25 knot (46 km/jam).

"Gelombang tinggi di Laut Jawa diperkirakan masih akan terjadi hingga Jumat (5/6/2020) mendatang dan memiliki kecenderungan menurun seiring dengan penurunan kecepatan angin," ucapnya.

Warga pun diminta mewaspadai potensi rob hingga 6 Juni 2020. Mengingat kondisi full moon dan anomali tinggi muka laut positif sehingga mengakibatkan muka air laut akan lebih tinggi.

"Potensi bencana rob terutama untuk daerah-daerah pantai berelevasi rendah seperti pesisir utara Jakarta, Pekalongan, Cirebon dan Semarang," katanya.


Editor : Nani Suherni