BPBD Imbau Warga Banjarnegara Waspadai Bencana Tanah Longsor

Antara ยท Senin, 20 September 2021 - 06:16:00 WIB
BPBD Imbau Warga Banjarnegara Waspadai Bencana Tanah Longsor
Tanah longsor yang terjadi di Desa Kebutuh Duwur, Kabupaten Banjarnegara. Foto: iNews/Widodo Waluyo.

BANJARNEGARA, iNews.id –Warga Banjarnegara diimbau untuk mewaspadai potensi bencana tanah longsor. Imbauan itu disampaikan BPBD Kabupaten Banjarnegara seiring peningkatan curah hujan sejak beberapa hari terakhir.

"Kami terus menggencarkan sosialisasi dan edukasi agar masyarakat mewaspadai bencana hidrometeorologi khususnya tanah longsor," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Banjarnegara Andri Sulistyo,  (19/9/2021).

Dia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara menurut rencana akan melakukan rakor lintas sektor terkait dengan antisipasi bencana hidrometeorologi seperti tanah longsor, banjir maupun angin kencang.

"Rakor rencananya dilakukan setelah mendapat kajian dari BMKG tentang prediksi musim hujan 2021/2022," katanya. Pihaknya telah melakukan pemetaan guna mengetahui wilayah-wilayah rawan longsor yang ada di Kabupaten Banjarnegara.

"Kami telah melakukan pemetaan untuk mengetahui wilayah-wilayah mana saja yang rawan bencana tanah longsor dan memerlukan perhatian khusus, mengingat sejumlah wilayah di kabupaten ini merupakan area perbukitan yang rawan longsor," katanya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga telah mempersiapkan sumber daya untuk membantu melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: