Buka Munas MATAKIN di Solo, Ini Pesan Gubernur Ganjar Pranowo

Ary Wahyu Wibowo · Jumat, 25 November 2022 - 17:48:00 WIB
Buka Munas MATAKIN di Solo, Ini Pesan Gubernur Ganjar Pranowo
Gubernur Ganjar Pranowo saat membuka Munas XIX MATAKIN di Kota Solo, Jumat (25/11/2022). Foto: Ist.

SOLO, iNews.id – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuka Musyawarah Nasional (Munas) XIX Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) di Kota Solo, Jumat (25/11/2022). Ganjar berpesan agar suasana kerukunan terus dijaga dan dilaksanakan dalam keseharian. 

“Saya tadi senang sekali mendengarkan bagaimana kita berkontribusi, di antara hingar bingar medsos, televisi yang setiap hari dijejali politik, lama-lama bosan. Adanya orang baper dan marah. Mbok sekarang dibalik, sekali-kali mengapresiasi dan cerita yang positif,” kata Ganjar saat memberikan sambutan. 

Dengan demikian, yang dihadirkan tidak hanya cerita jelek. Jika itu terjadi, maka yang ditinggalkan adalah jejak-jejak digital kebaikan. Bukan jejak digital kemarahan, apalagi adu domba, dan hoaks. 

Pascagempa Cianjur, lanjut Ganjar, dirinya melihat gereget banyak kalangan di Jateng yang tergerak untuk membantu. Hal itu menunjukkan keberagaman di sektor masing-masing untuk berkontribusi membantu. 

“Yang kita bantu adalah manusia yang sedang susah. Pancasila-nya itu kira-kira kemanusiaan yang adil dan beradab. Punya rasa kemanusiaan, dan beradab,” ucapnya. 

Hal ini membuatnya yakin bahwa kita mampu sebagai bangsa. Dirinya juga sepakat bahwa tahun 2045, cita-cita 100 tahun Indonesia merdeka yang mau maju tidak akan berhasil jika tidak bersatu.  

“Kalau kita masih mempersoalkan perbedaan, kadang perbedaan itu indah,” ujarnya. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: