Butuh Uang karena Menganggur, Pria Ini Niat Jual Truk Rental

Heri Susanto ยท Selasa, 19 Mei 2020 - 08:58 WIB
Butuh Uang karena Menganggur, Pria Ini Niat Jual Truk Rental
Kapolres Cilacap AKBP Dery Agung Wijaya gelar perkara kasus pencurian truk, Senin (18/5/2020). (Foto: iNews/Heri Susanto)

CILACAP, iNews.id - Tingkat kriminalitas akibat pandemi virus corona semakin meningkat menjelang Lebaran. Di Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), seorang pria nekat mencuri truck untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Satuan reserse kriminal Polres Cilacap menangkap BP karena mencuri truck. Tersangka yang merupakan warga Kecamatan Tambak, Banyumas ini dibekuk di rumahnya. Saat itu, tersangka akan menjual truck hasil jarahannya di Desa Kalisabuk, Kecamatan Kesugihan, Cilacap.

Untuk memuluskan aksinya, pelaku sempat merental truck tersebut untuk digunakan mengangkut muatan. Usai meminjam, tersangka kemudian mengembalikan truck sambil mempelajari situasi rumah korban.

Keesokan harinya, saat pemilik truk lengah dan rumah dalam kondisi sepi, pelaku datang dan langsung membawa kabur truck tersebut. Dari tangan pelaku polisi menyita truk mesin gerinda dan kunci T.

"Setelah dilakukan pengecekan mengerucut kepada tersangka. Dimana seminggu sebelumnya, tersangka pernah merental kendaraan tersebut," kata Kapolres Cilacap AKBP Dery Agung Wijaya, Senin (18/5/2020).

Menurut keterangan pelaku, dia nekat mencuri truck karena terdesak kebutuhan ekonomi. Apalagi saat pandemi corona, pelaku yang berprofesi sebagai sopir ini sudah tidak bekerja. Rencananya truck hasil jarahannya ini akan dijual seharga Rp21 juta rupiah ke penadah di wilayah Kebumen.

"Saya sopir pak, ini terdesak ekonomi pak. Ini Rencananya mau dijual ke Kebumen," ucap BP.

Polisi masih terus mengembangkan kasus ini untuk mengejar penadah barang jarahan tersangka. Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian dan terancam hukuman kurungan lima tahun penjara.


Editor : Nani Suherni