Cerita Haru Siswa Yatim/Piatu akibat Covid-19 Diterima di Sekolah Favorit Jateng

Ahmad Antoni ยท Kamis, 14 Juli 2022 - 10:35:00 WIB
Cerita Haru Siswa Yatim/Piatu akibat Covid-19 Diterima di Sekolah Favorit Jateng
Aktivitas siswa yatim/piatu akibat Covid-19 yang diterima di salah satu sekolah favorit di Jateng saat belajar di rumah. (Ist)

SEMARANG, iNews.id - Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA/SMK TA 2022/2023 menyisakan cerita haru dan semangat berpendidikan yang luar biasa. Pasalnya, Pemprov Jateng pada tahun ini mengeluarkan kebijakan anak yatim/piatu akibat Covid-19 mendapat kemudahan bisa diterima melalui jalur afirmasi.

Para anak yatim/piatu akibat Covid-19 merasa senang karena bisa diterima di sekolah favorit. Hal itu seolah menjadi oasis setelah ditinggal orang tua tercintanya. Seperti yang disampaikan Praia Azzahra Rafisya Putri, siswi SMAN 1 Ungaran.

"Diterima dari jalur afirmasi yatim/piatu. Saya cukup senang karena sekolah ini cukup populer di Kabupaten Semarang dan banyak siswanya berprestasi. Jadi, saya cukup senang bersekolah di sini," kata Praia di sekolahnya, Kamis (14/7/2022).

Menurut dia, kemudahan bisa masuk ke SMAN 1 Ungaran dialaminya selama mengikuti proses PPDB, beberapa waktu lalu. Jalur afirmasi yatim/piatu akibat Covid-19 ini cukup membantu dirinya. Terlebih tempat tinggalnya juga tidak masuk zonasi. Sehingga dari jalur afirmasilah, dia bisa sekolah di satuan pendidikan favoritnya.

Senada, Noverin Zubayda Bourquin, siswa yatim asal Ungaran ini juga bersyukur bisa diterima di SMAN 1 Ungaran.  Erin, sapaannya sangat senang bisa bersekolah di tempat tersebut. 

"Sekolah ini terkenal bagus dan anaknya berprestasi. Saya sangat senang. Saya khawatir tidak bisa masuk. Ternyata, Alhamdulillah bisa masuk," ujarnya ditemui di rumahnya di Bandarjo, Kecamatan Ungaran Barat.

Sang ibunda Erin, Ana Fembriani, mengaku jalur afirmasi yatim/piatu karena Covid-19 amat membantu keluarga yang membutuhkan.  "Melalui jalur afirmasi meninggal karena Covid, kami sangat bersyukur sekali karena memang berniat sekali bisa ke sana. Bersyukur sangat senang sekali," ungkapnya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: