Covid-19 di Solo Pecah Rekor, Sehari Ada 106 Kasus Baru

Ary Wahyu Wibowo · Senin, 16 November 2020 - 13:11:00 WIB
 Covid-19 di Solo Pecah Rekor, Sehari Ada 106 Kasus Baru
Penyemprotan disinfektan oleh petugas di Kantor RRI Solo. (Foto: Antara/Aris Wasita)

SOLO, iNews.id - Kasus Covid-19 di Kota Solo mencatatkan rekor baru. Sebanyak 106 kasus baru ditemukan pada Minggu (15/11/2020) kemarin, dan mayoritas berasal dari klaster keluarga. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Solo, Siti Wahyuningsih mencatat temuan kasus baru diantaranya suspect yang naik ke terkonfirmasi positif sebanyak 19 orang.

“Dari 19 orang itu ada yang kiriman dari Puskesmas atau langsung ke rumah sakit,” kata Siti Wahyuningsih, Senin (16/11/2020).

Kemudian swab mandiri 6 orang, dan hasil tracing terdapat 81 kasus dari 34 indeks kasus. Indeks kasus tersebut mayoritas merupakan klaster keluarga, yakni penularannya berasal keluarga. Ketika ada satu orang yang positif Covid-19, kemudian ditracing secara masif dan terstruktur terhadap kontak erat dan kontak dekat.

“Ternyata dari situ dalam satu keluarga ada tambahan, atau tetangga dan rekan kerja,” ujarnya.

Pasien yang semula suspect Covid-19, saat memeriksakan diri ke Puskesmas awalnya memiliki gejala ringan. Setelah diswab ternyata hasilnya positif Covid-19. Kasus juga ditemukan melalui screening di Puskesmas terhadap kelompok beresiko tinggi, yakni lansia, diabetes, hipertensi.

“Setelah ditemukan ada yang positif, lalu kami lacak dan bertambah,” katanya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2