Daftar 7 Tempat Wisata di Semarang yang Hits dan Instagramable, Nomor 5 Penuh dengan Karya Seni

Rilo Pambudi · Jumat, 13 Mei 2022 - 20:04:00 WIB
Daftar 7 Tempat Wisata di Semarang yang Hits dan Instagramable, Nomor 5 Penuh dengan Karya Seni
7 tempat wisata di Semarang (foto: IG umbulsidomukti)

JAKARTA, iNews.id - Bagi yang suka pelesiran, 7 tempat wisata di Semarang berikut ini mungkin bisa dijadikan referensi. Sebagaimana diketahui, Semarang merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah yang memiliki sejumlah objek wisata yang cocok dikunjungi untuk liburan.

Destinasi wisata di Semarang memiliki bermacam pilihan tema. Mulai dari wisata alam, wahana hits, wisata sejarah, hingga wisata perkotaan yang sangat unik dan menarik untuk dikunjungi. Jika selama ini kamu hanya mengetahui Lawang Sewu saja misalnya, tampaknya 11 tempat wisata di Semarang berikut ini patut kamu coba.

Dirangkum iNews.id dari berbagai sumber pada Rabu (3/24/2022), berikut ini adalah tempat wisata di Semarang yang cocok untuk liburan keluarga.

1. Umbul Sidomukti

Salah satu tempat tempat wisata di Semarang yang Instagramable dan menarik dikunjungi adalah Umbul Sidomukti.

Umbul Sidomukti merupakan wisata alam sekaligus resort yang berada di kawasan di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Selain menyuguhkan pemandangan indah, terdapat juga wahana permainan yang menjadi aktivitas wisata di tempat ini seperti flying fox, ATV, archery, berkuda, dan lainnya. Di tempat ini juga tersedia kedai kopi, infinity pool, hingga villa dengan model rumah kecil yang tenang dan nyaman.

2. Taman Bunga Celosia Bandungan

Taman Bunga Celosia merupakan tempat wisata yang terletak di kaki Gunung Ungaran. Lokasi tepatnya berada di Jalan Candi Gedong Songo, Broken, Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Sesuai dengan namanya, Taman Bunga Celosia merupakan destinasi wisata yang menyuguhkan hamparan bunga celosia yang cantik dan menawan. Tanaman tersebut sangat mendominasi di taman ini. Selain itu, ada juga bunga lavender, krisan, hingga hebras yang menghiasi taman ini.

Hal tersebut membuat setiap sudut taman ini dapat dijadikan spot foto yang Instagramable.yang dapat digunakan untuk berselfie.

3. Sunrise Hill Gedong Songo

Sunrise Hill Gedong Songo terletak Jalan Candi Gedong Songo, Tlogosari, Banyukuning, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Seperti namanya, tempat ini adalah kawasan perbukitan yang menyajikan spot matahari terbit dan  beragam spot foto yang Instagramable.

Selain itu, kamu juga dapat berfoto ala Negeri Sakura Jepang hingga spot foto layaknya halloween.

4. Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan bangunan khas Belanda yang seolah sudah menjadi wisata wajib di Kota Semarang. Lokasi tempat ini berada di Jalan Pemuda, Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Lawang Sewu didirikan pada 27 Februari 1904. Dulunya, tempat ini disebut Het Hoofdkantoor van de Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij. Lawang Sewu secara harfiah arti seribu pintu. Kendati demikian, itu adalah istilah untuk menggambarkan saking banyaknya pintu di sana. Jumlah pintu sebenarnya mencapai 928 pintu dengan 425 frame dan 114 ruang kerja belum termasuk ruang meeting. 

Tempat ini menyimpan berbagai koleksi tentang sejarah perkeretaapian di Indonesia dari masa ke masa. Traveler juga bisa menjelajahi bangunan bawah tanah Lawang Sewu yang tak kalah menarik dari bangunan utamanya.

5. Semarang Contemporary Art Gallery

Semarang Contemporary Art Gallery atau dikenal juga dengan Galeri Semarang (Galsem) merupakan tempat wisata edukasi seni yang wajib dikunjungi.

Tempat ini berlokasi di Jalan Taman Srigunting no 5-6, Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. 

Museum seni ini menyuguhkan koleksi karya-karya seni dari para seniman seluruh Indonesia. Setiap sudut tempat keren ini pastinya dapat menjadi spot foto yang cantik dan Instagramable. Museum sering menyelenggarakan event pameran karya seni seperti lukisan, sketsa, arsip, rekaman pertunjukkan hingga instalasi. 

6. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang adalah salah satu destinasi wisata sejarah perkotaan di Kota Lumpia yang wajib.

Sesuai namanya, Kota Lama Semarang berisikan bangunan-bangunan tua bersejarah dengan arsitektur khas ala Eropa.

Setiap sudut Kota Lama Semarang dapat menjadi lokasi foto yang menarik. Pasalnya, memasuki Kota Lama seolah dibawa dalam suasana masa silam yang estetik. 

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: