Deteksi Penyakit Kaki Gajah, BBTKLPP Ambil Sampel Darah Ribuan Anak di Blora

Heri Purnomo · Selasa, 04 Mei 2021 - 22:05:00 WIB
Deteksi Penyakit Kaki Gajah, BBTKLPP Ambil Sampel Darah Ribuan Anak di Blora
Petugas BBTKLPP Yogyakarta bersama Dinkes Blora saat mengambil sampel darah anak-anak guna mendeteksi ada tidaknya penularan penyakit kaki gajah. Foto: iNews/Heri Purnomo.

BLORA, iNews.id – Balai Besar Tehnik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta memantau kondisi Kabupaten Blora yang termasuk endemis penyakit kaki gajah. Sampel darah  1.500 anak SD di Blora, diambil guna mendeteksi ada tidaknya penularan penyakit tersebut. 

Sebelumnya, BBTKLPP Yogyakarta selama 5 tahun berturut-turut memberi pengobatan massal terhadap  penyakit kaki gajah kepada masyarakat Blora. Bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora, BBTKLPP melakukan survei eliminasi penyakit kaki gajah. Caranya dengan mengambil sampel darah sejumlah siswa SD di beberapa Kecamatan di Blora.

Kepala BBTKLPP Yogyakarta, Dr dr Irene mengatakan, Kabupaten Blora merupakan daerah endimis. Sehingga setelah pengobatan 5 tahun berturut-turut, dan sudah dilakukan survei, langkah selanjutnya adalah mengambil sampel darah kepada anak-anak SD.

“Ini dilakukan untuk mengetahui masih ada tidaknya penularan penyakit kaki gajah di Blora. Jadi kami mengambil sampel darah 1.500 anak SD di sejumlah Kecamatan di Kabupaten Blora," kata Irene saat di temui di SD Negeri Keser 2, Kecamatan Tunjungan, Selasa (4/5/2021). 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2