Di Tangan Perempuan Temanggung Ini, Limbah Daun Tembakau Bernilai Jutaan Rupiah

Antara ยท Kamis, 22 April 2021 - 08:04:00 WIB
Di Tangan Perempuan Temanggung Ini, Limbah Daun Tembakau Bernilai Jutaan Rupiah
Dewi Mulyasari, warga Temanggung memanfaatkan limbah daun tembakau menjadi berbagai produk ekonomi kreatif bernilai hingga jutaan rupiah. (Antara)

TEMANGGUNG, iNews.id  – Limbah daun tembakau ternyata memiliki nilai jual tinggi. Adalah Dewi Mulyasari warga Kelurahan Temanggung I, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Lewat tangan terampilnya, Dewi mampu memanfaatkan limbah daun tembakau yang sudah tak berguna menjadi berbagai produk ekonomi kreatif bernilai hingga jutaan rupiah.

Dia mengatakan, produk kerajinan yang dihasilkan dari limbah daun tembakau tersebut, di antaranya lukisan, dompet, tas, kotak cerutu, kotak penyimpan kaca mata, tempat korek, dan asbak.

Produk kerajinan daun tembakau yang dipadukan dengan bahan lain seperti kayu dan kulit tersebut dijual dengan harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

"Tas dari daun tembakau yang dipadukan dengan kulit harganya ratusan ribu rupiah, namun untuk lukisan bisa mencapai Rp5 juta," kata Dewi, Rabu (21/4/2021).

Menurutnya,  ide awal dirinya membuat kerajinan dari daun tembakau tersebut saat menerima tamu dari mancanegara, tetapi tidak ada oleh-oleh atau suvenir khas Temanggung yang dikenal sebagai daerah penghasil tembakau ini.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2