Dianggap Suci, Sendang di Keraton Agung Sejagat Dijadikan Tempat Ritual

Okezone, Taufik Budi ยท Jumat, 24 Januari 2020 - 10:30 WIB
Dianggap Suci, Sendang di Keraton Agung Sejagat Dijadikan Tempat Ritual
Kolam di dalam Keraton Agung Sejagat (Foto: iNews.id/Joe Hartoyo)

SEMARANG, iNews.id - Keraton Agung Sejagat di Purworejo Jawa Tengah (Jateng) memiliki beberapa tempat yang dianggap keramat. Salah satunya sendang atau kolam yang tak jauh dari batu prasasti.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna menjelaskan, kolam yang berada di area keraton sudah beberapa kali digunakan oleh raja, ratu serta para punggawanya untuk ritual.

"Ada di sana kolam suci pemandian (Sendang Kamulyan) itu untuk raja-ratu dan para punggawa. Itu sudah pernah digunakan dua kali," kata Iskandar, Kamis (23/1/2020).

BACA JUGA: Teman Fanni Bongkar Alasan Sang Ratu Tergiur Rayuan Raja Keraton Agung Sejagat

Karena dianggap keramat, mandi di kolam 'suci' itu pun memiliki waktu khusus. Dari keterangan saksi maupun punggawa keraton, mereka memilih hari pasaran Kliwon (dalam penanggalan Jawa) untuk memulai ritual di kolam pemandian.

"Ternyata mereka melaksanakan ritual mandi di kolam itu pada saat Kliwon, artinya Selasa Kliwon, Jumat Kliwon," ujarnya.

Dalam proses pemandian juga diatur. Di sisi tengah itu untuk raja dan ratu, sisi timur itu untuk laki-laki, sisi barat untuk yang perempuan. Saat ritual pemandian, pembakaran dupa atau kemenyan juga dilakukan.

BACA JUGA: Kasus Keraton Agung Sejagat, Juliari Batubara: Jangan Tergiur Kaya Mendadak

"Kemudian membakar dupa, berdoa. Itu yang mereka lakukan. Baru setelah itu dari kolam mereka menuju ke batu prasasti yang dianggap sebagai batu bersejarah peninggalan kerajaan," ucapnya.

Polda Jateng resmi menetapkan Raja dan Permaisuri Keraton Agung Sejagat, Toto Santoso (42) dan Fanni Aminadia (41) menjadi tersangka pada Rabu (16/1/2020). Keduanya dijerat pasal penipuan dan keonaran.


Editor : Nani Suherni