Diduga Tak Bisa Berenang, 2 Anak Tenggelam di Bekas Galian C di Sragen

Joko Piroso · Rabu, 18 Desember 2019 - 09:54 WIB
Diduga Tak Bisa Berenang, 2 Anak Tenggelam di Bekas Galian C di Sragen
Salah satu korban tenggelam di Sragen, Jateng disemayamkan di rumah duka. (Foto: iNews/Joko Piroso)

SRAGEN, iNews.id - Dua anak ditemukan tewas tenggelam di lokasi bekas tambang galian C di Desa Kaliwedi, Kecamatan Gondang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Diduga korban belum bisa berenang dan akhirnya tenggelam.

Briyan Yoga Saputra (10) dan Muhammad Ramadhan Api Saputra (8), merupakan warga Dukuh Bodean, Desa kaliwedi, Kecamatan Gondang, Kabupaten Sragen. Keduanya tenggelam di sebuah bekas galian tambang selebar lima meter dengan kedalaman 2,5 meter.

Menurut keterangan saksi mata, peristiwa ini terjadi Senin (16/12/2019) pukul 13.00 siang. Kedua korban bersama satu orang teman sedang bermain di area penambangan yang berjarak sekitar satu kilometer dari rumah.

Diduga, keduanya ingin mandi di kubangan tersebut, namun justru tenggelam. Mengetahui hal tersebut, salah satu rekan korban meminta tolong pada tetangga.

Sayang, saat warga berhasil mengevakuasi, keduanya sudah dalam kondisi tak bernyawa.

Ngadiman, ayah Briyan Yoga Saputra mengatakan tidak mengetahui kronologinya secara pasti lantaran saat kejadian, dirinya sedang kerja bakti. Korban diketahui juga tidak pamit saat akan pergi ke lokasi galian.

“Sebelumnya, korban pernah mau main ke sana, tapi sama tetangga dilarang, takutnya tenggelam,” katanya.

Ngadiman tidak berencana membawa kasus ini ke polisi. Dirinya mengaku ikhlas dengan kepergian anaknya. Tapi dia berharap di lokasi bekas galian diberi pengaman agar anak-anak tidak dapat menjangkau dan peristiwa ini tidak lagi terjadi.

Kedua korban langsung dimakamkan di pemakaman desa setempat Senin malam. Kasus ini ditangani aparat Polres Sragen untuk mendalami ada tidaknya potensi pelanggaran.


Editor : Umaya Khusniah