Diselimuti Hujan Abu Merapi, Begini Kondisi Dua Desa di Selo Boyolali

Antara, Tata Rahmanta ยท Senin, 16 Agustus 2021 - 11:21:00 WIB
Diselimuti Hujan Abu Merapi, Begini Kondisi Dua Desa di Selo Boyolali
Hujan abu dampak erupsi Merapi menyelimuti Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Boyolali. (foto: Antara)

BOYOLALI, iNews.id – Dua desa di Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali tak luput dari guyuran hujan abu dampak dari erupsi Gunung Merapi, Senin (16/8/2021).  Dua desa itu yakni Desa Tlogolele dan Klakah.

Menurut Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kabupaten Boyolali Bambang Sinungharjo, di Desa Tlogolele terkena hujan abu sejak pukul 06.00 WIB hingga sekarang dan abu agak tebal menyelimuti di Dukuh Tlogomulyo dan Tlogolele. 

Sedangkan, Desa Klakah hujan abu tipis di Dukuh Klakah Duwur dan Klakah Ngisor. Dia mengatakan pihaknya mendapat informasi melalui Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebecanaan Geologi (BPPTKG).

Awan panas guguran Gunung Merapi terjadi Senin sekitar pukul 5.53 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 66 mm, durasi 289 detik, dan tinggi kolom 600 meter dari puncak. Jarak luncur 3.500 meter ke arah barat daya.

"Berdasarkan informasi dari masyarakat, telah terjadi hujan abu akibat awan panas guguran Merapi. Dari laporan yang tercatat oleh Pusdalops BPBD, hujan abu terjadi di beberapa wilayah kawasan rawan bencana (KRB) 3 Gunung Merapi dan sekitarnya," katanya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: