Diterjang Banjir Lahar Dingin di Atas Gunung Merbabu, Pendaki Panik

Tata Rahmanta ยท Senin, 03 Februari 2020 - 21:35 WIB
Diterjang Banjir Lahar Dingin di Atas Gunung Merbabu, Pendaki Panik
Jalur pendakian di pos dua, Gunung Merbabu Boyolali, Jawa Tengah (Jateng), disapu banjir lahar dingin pada Minggu (2/2/2020). (Foto: Istimewa)

BOYOLALI, iNews.id - Resmi dibuka pada 1 Februari 2020, jalur pendakian di pos dua, Gunung Merbabu Boyolali, Jawa Tengah (Jateng), disapu banjir lahar dingin pada Minggu (2/2/2020). Sejumlah pendaki sempat panik saat menyelamatkan diri dari tenda yang di gunakan untuk berteduh.

Banjir lahar dingin ini sempat diabadikan seorang pendaki asal Cikarang, Jawa Barat (Jabar), Ombi. Dalam video yang dibagikan Ombi, terlihat banjir lahar dingin mengalir deras di jalur pendakian.

Menurut Ombi, saat itu kondisi di Gunung Merbabu sedang turun hujan dan para pendaki berteduh di dalam tenda. Namun tak berapa lama, aliran cukup deras datang dari arah pendakian.

"Awalnya air masih normal mengalir, tapi lama-lama semakin deras. Tenda-tenda juga sudah enggak kuat karena derasnya aliran. Jadi ada yang harus dievakuasi," katanya, Senin (3/2/2020).

Ombi mengaku, pendaki membuat tenda di lokasi yang terlarang. Tetapi, karena kondisi hujan mereka terpaksa membangun tenda tersebut.

"Sebenarnya jalur itu enggak boleh dibuat tenda dilarang oleh pihak basecamp," ujar Ombi.

Pascabanjir lahar dingin, mereka memilih turun dan tidak tidak melanjutkan pendakian. Gunung Merbabu mulai di buka kembali untuk pendakian pada tanggal 1 Februari lalu.

Sejak September 2019 lalu, seluruh jalur pendakian gunung merbabu ditutup sementara karena terjadi kebakaran hutan.


Editor : Nani Suherni