Doa Pagi Hari di Tahun 2020 agar Mendapat Perlindungan Allah

Kastolani ยท Rabu, 01 Januari 2020 - 04:30:00 WIB
Doa Pagi Hari di Tahun 2020 agar Mendapat Perlindungan Allah
Berdoa merupakan ibadah yang harus selalu dilakukan umat Islam. (Foto: SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id – Mengawali hari di tahun baru 2020 harus dengan semangat dan optimisme tinggi. Selain itu, tidak lupa memanjatkan doa kepada Allah SWT sebagai tanda syukur seorang hamba yang masih diberikan banyak kenikmatan baik nikmat sehat, nikmat iman dan Islam.

Rasulullah Saw yang sudah dijamin dan dijauhkan dari segala marabahaya oleh Allah SWT tetap memanjatkan doa setiap saat baik di kala pagi, sore maupun malam hari untuk memohon kemaslahatan dan meminta perlindungan Allah SWT.

Diriwayatkan Imam Bukhori dan Imam Muslim seperti dikutip dari Pustaka Ilmu Sunni-Salafiyah (PISS-KTB), tiap pagi ada dua malaikat yang turun ke bumi. Satu malaikat berdoa agar diberikan ganti bagi orang yang bersedekah.

Sedangkan malaikat satunya lagi berdoa agar orang yang pelit dihancurkan hartanya.

Maa min yaumin yusbihul 'ibadu fiihi Illa malakaani yanzilani fayaquulu ahaduhuma: Allahumma a'thi munfiqan kholfan wayaquulul aakhoru Allahumma a'thi mumsikan talafan.

Artinya: Setiap datang waktu pagi, ada dua malaikat yang turun dan keduanya berdoa. Malaikat pertama memohon kepada Allah, 'Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang memberi nafkah atau berinfak, sementara malaikat satunya berdoa, 'Ya Allah, berikan kehancuran bagi orang yang pelit.

Abu Hurairah RA meriwayatkan sejumlah doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW yang dibaca ketika pagi hari sebagaimana dikutip oleh Imam An-Nawawi, Al-Adzkar.

Allaahumma bika ashbahnaa, wa bika amsainaa, wa bika nahyaa, wa bika namuutu, wa ilaikan nusyuuru.

Artinya, “Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

Selain doa singkat itu, Imam An-Nawawi juga mengutip doa pagi Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Sahabat Ibnu Mas‘ud dalam Sahih Muslim berikut ini:

Ashbahnaa wa ashbahal mulku lillaahi wal hamdu lillaahi, laa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai‘in qadiir. Rabbi, as’aluka khaira maafii haadzihil lailata wa khaira maa ba‘dahaa, wa a‘uudzu bika min syarri maa f? haadzihil lailata wa khaira maa ba‘dahaa. Rabbi, a‘uudzu bika minal kasli wa suu’il kibari. A‘uuzu bika min ‘adzaabin fin naari wa ‘adzaabin fil qabri.

Artinya, “Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang maha esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur".

Semoga di hari pertama tahun 2020 ini, senantiasa diberikan kekuatan dan kesehatan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Wallahu A'lam Bissawab.


Editor : Kastolani Marzuki