DPRD Rembang Kritik Sistem Pembayaran Produk UMKM di Toko Modern

Musyafa ยท Jumat, 16 April 2021 - 09:45:00 WIB
DPRD Rembang Kritik Sistem Pembayaran Produk UMKM di Toko Modern
Anggota Komisi II DPRD Rembang Agus Sutrisno. Foto: iNews/Musyafa Musa.

REMBANG, iNews.id - Anggota Komisi II DPRD Rembang Agus Sutrisno melontarkan kritik terkait sistem pembayaran produk UMKM yang dipasarkan di toko modern. Barang dibayar setelah laku terjual dinilai memberatkan pelaku UMKM. 

“Secara prinsip saya mendukung perluasan pemasaran. Namun yang sering dikeluhkan adalah pelaku UMKM menitipkan barang dulu, kalau laku baru dibayar. Sistem ini ibaratnya seperti UMKM yang memodali pengusaha besar,” kata Agus Sutrisno, Jumat (16/4/2021). 

Dirinya berharap ada mekanisme yang lebih baik. Begitu UMKM menyerahkan barang dan ada kwitansi, pembayaran bisa langsung dilunasi. Sebab modal UMKM pas-pasan, sehingga bisa mempercepat perputaran uang mereka.

Tidak hanya menyasar toko modern, Pemkab Rembang semestinya lebih intensif membantu membangun jaringan dan membuka kanal-kanal pemasaran. Dicontohkan, sektor pariwisata di Rembang mulai menggeliat. Namun untuk membeli oleh-oleh khas Rembang yang terpusat masih susah.

“Ini bisa menjadi peluang bagi produk UMKM. Di daerah lain, Pemkabnya sudah memfasilitasi tempat pemasaran yang langsung kepada pembeli. Rembang saya kira bisa meniru, “ katanya. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: