Duta Besar Inggris Batal Datang ke Semarang, Hendi: Mr Owen Tak Usah Khawatir

Sindonews, Taufik Budi ยท Sabtu, 12 September 2020 - 12:06 WIB
Duta Besar Inggris Batal Datang ke Semarang, Hendi: Mr Owen Tak Usah Khawatir
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. (Foto: iNews/Taufik Budi)

SEMARANG, iNews.id - Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) disebut Satgas Penanganan Covid-19 pusat memiliki angka aktif positif tertinggi di Indonesia. kabar itu pun membuat banyak pihak termasuk Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins khawatir datang ke Kota Semarang.

Mengklarifikasi data tersebut, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi akhirnya angkat bicara. Dia memastikan angka yang disebut-sebut pemerintah pusat jauh berbeda dengannya.

"Dua kali memang kota kami disebut memiliki angka Covid-19 tertinggi, tapi kenyataannya dari 1.100 tempat tidur untuk perawatan pasien di Kota Semarang, yang digunakan hanya sekitar 30 persen, yang berarti jauh dari angka yang disebutkan pusat," kata pria yang akrab disapa Hendi ini, Jumat (11/9/2020).

Saat menggelar rapat daring dengan British Embassy (Kedutaan Inggris), dia menegaskan terus melakukan beragam langkah untuk mengatasi penyebaran Covid-19. Selain itu, fasilitas kesehatan juga dipastikan memberikan pelayanan terbaik kepada pasien.

"Untuk itu Mr Owen tidak usah khawatir, kami terus melakukan berbagai upaya pencegahan sesuai peraturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) yang kami tetapkan. Juga menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan sebaik mungkin," ucapnya.

Menanggapi hal itu, Owen Jenkins memahami kondisi yang sedang terjadi di Kota Semarang pada masa pandemi ini.

Dia juga mengatakan bahwa walaupun Covid-19 saat ini menjadi isu utama, tapi jangan pula melupakan aspek kehidupan masyarakat lainnya.

"Saya mengerti dan memahami bahwa Covid-19 saat ini menjadi hal penting yang harus kita hadapi bersama, tapi saya setuju, bagaimana kita juga jangan sampai melupakan aspek-aspek kehidupan lainnya," ucap Owen.

"Untuk itu saya terima kasih kepada bapak yang hari ini telah membuka komunikasi kepada kami," katanya.

Owen Jenkins juga menawarkan sejumlah hal yang dapat dikontribusikan untuk kemajuan Kota Semarang. Di antaranya pembangunan sektor energi hingga beasiswa pendidikan untuk pelajar Kota Semarang di Inggris.


Editor : Nani Suherni