Eks Napi Teroris Jahit 1.350 Masker untuk Warga Jateng

Taufik Budi ยท Senin, 13 April 2020 - 14:00:00 WIB
Eks Napi Teroris Jahit 1.350 Masker untuk Warga Jateng
Mantan napiter menyerahkan bantuan masker untuk warga Jateng lewat Gubernur Jawa Tengah (Foto: Dok Humas Jateng)

SEMARANG, iNews.id - Mantan narapidana teroris (napiter) menyumbang 1.350 masker kain untuk warga Jawa Tengah (Jateng) di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Ribuan masker tersebut merupakan hasil produksi dari para napiter tersebut.

Menurut eks napiter bom Bali I Joko Tri Harmanto alias Jack Harun, bantuan tersebut merupakan inisiatif Yayasan Gema Salam. Yayasan tersebut merupakan wadah bagi mantan napiter di Jateng untuk tetap produktif.

"Ini bentuk kepedulian kami kepada pemerintah dan masyarakat Jawa Tengah di tengah wabah corona. Kami ingin membantu meskipun dalam bentuk yang kecil. Harapannya ini bisa membantu masyarakat agar tetap menaati peraturan pemerintah untuk mengenakan masker," ujar Harun, Senin (13/4/2020).

Harun menjelaskan, 1.350 masker itu terdiri atas 1.000 masker dari kain kaus dan 350 dari kain batik. Dia dan rekan-rekannya butuh waktu satu hari untuk menjahit 100 masker.

"Bahan kami ambil dari sisa jahitan kaus dan baju batik untuk kemudian kami jahit menjadi masker. 1.000 masker itu satu pekan, sehari bisa 100 masker," katanya.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan tersebut. Dia pun mengingatkan saat ini warga cukup mengenakan masker kain.

"Tetap semangat dan terus berproduksi agar banyak orang tidak kerepotan untuk mencari dan menggunakan masker. Biarkan masker yang berstandard kesehatan digunakan tenaga medis dan kita cukup memakai masker dari kain ini saja. Jangan lupa setiap empat jam dicuci, jangan lupa selalu cuci tangan, dan jaga jarak," kata Ganjar.

Editor : Nani Suherni