“Pelaku UKM harus mengetahui apa yang sesungguhnya dibutuhkan pasar. Perlu adanya riset terlebih dahulu mengenai produk yang mau dijual, misal dari segi desain. Modalnya jangan besar dulu, jadi kalau loss tidak rugi terlalu besar. Pelaku UKM juga didorong untuk kreatif dalam menghadirkan inovasi produk,” ujar Tonny.
Owner Kain Lukis Nasrafa, Yani Mardiyanto mengatakan, selama pandemi omzet usahanya menurun hingga 30 persen. Namun inovasi dengan menghadirkan diversifikasi pada produk, berhasil kembali menaikkan omzet bisnisnya.
“Kami melakukan inovasi dengan menghadirkan produk baru. Berupa masker dan tas lukis dengan desain tanaman yang sedang tren saat ini, seperti Janda Bolong. Dengan melihat tren yang berkembang, kami dapat bergerak cepat menghadirkan inovasi pada produk dan packaging,” kata Yani.
Editor : Ary Wahyu Wibowo