Fenomena Unik Bocah Dieng, Alami Demam hingga Mengigau sebelum Rambut jadi Gimbal

Elis Novit · Jumat, 02 September 2022 - 11:05:00 WIB
Fenomena Unik Bocah Dieng, Alami Demam hingga Mengigau sebelum Rambut jadi Gimbal
Putri Ayu bersama ibunya memperlihatkan rambut gimbalnya. Rambut gimbal Putri akan dipotong saat Dieng Culture Festival 3 September besok. (Elis Novit)

BANJARNEGARA, iNews.id - Memiliki rambut indah dan berkilau menjadi impian setiap anak perempuan. Namun di Banjarnegara ada fenomena anak berambut gimbal yang tumbuh secara alami.

Konon anak-anak yang akan tumbuh rambut gimbal, sang anak akan mengalami sakit panas. Anak-anak yang menjadi gimbal dipercaya  merupakan turunan leluhur Dieng.

Sepintas tak ada yang berbeda dari Putri Ayu (9), anak pasangan Handayani dan Suparman, warga Desa Pringamba, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara.

Namun bila diperhatikan rambut Putri Ayu mengalami gimbal atau menyatu, tidak seperti anak perempuan pada umumnya.

Rambut menjadi gembel ini terbentuk secara alami dan tiba-tiba. Biasanya fenomena rambut gimbal ini muncul dengan didahului anak mengalami demam, sering mengigau dan memiliki permintaan unik.

Warga percaya anak gimbal ini adalah titisan leluhur dari penguasa pegunungan Dieng. Putri Ayu ini mengalami gimbal sejak 4 tahun yang lalu dan bukan bawaan sejak lahir.

Beragam upaya untuk mengembalikan kondisi rambut Putri sudah dilakukan dengan membawa ke salon kecantikan untuk meluruskan rambut, namun hasilnya rambut kembali menjadi gimbal.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: