Fosil Gading Gajah 2,5 Meter Ditemukan di Situs Patiayam Kudus, Berusia 1,5 Juta Tahun

Antara ยท Jumat, 19 Agustus 2022 - 00:00:00 WIB
 Fosil Gading Gajah 2,5 Meter Ditemukan di Situs Patiayam Kudus, Berusia 1,5 Juta Tahun
Proses ekskavasi gading gajah dengan panjang 2,5 meter ditemukan di kawasan Situs Patiayam di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Antara/HO-Disbudpar.

KUDUS, iNews.id - Fosil gading gajah sepanjang 2,5 meter ditemukan di kawasan Situs Patiayam di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Penemuan tersebut menambah jumlah koleksi fosil gading gajah purba di Museum Patiayam.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus Mutrikah membenarkan adanya temuan fosil gading gajah sepanjang 2,5 meter di kawasan Situs Patiayam enam bulan lalu.

Temuan tersebut, kata dia, sudah ditindaklanjuti dengan kegiatan penyelamatan temuan fosil gading gajah purba bersama tim Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran dan proses pemberian poly oretan dan pengangkatan temuan untuk dibawa ke Museum Situs Purbakala Patiayam. "Saat ini sudah berada di Museum Situs Patiayam," ujarnya.

Koordinator Museum Purbakala Patiayam Kudus Jamin menambahkan fosil tersebut ditemukan oleh Ronzi warga Desa Terban ketika tengah melakukan aktivitas cocok tanam di sekitar bukti Patiayam.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: