FPKB DPRD Jateng Usulkan Relokasi Wilayah Terdampak Banjir di Pekalongan

Ahmad Antoni ยท Senin, 22 Februari 2021 - 14:55:00 WIB
FPKB DPRD Jateng Usulkan Relokasi Wilayah Terdampak Banjir di Pekalongan
Ketua DPW PKB Jateng KH M Yusuf Chudlori dan Wakil Ketua DPRD Jateng Sukirman saat mengunjungi lokasi banjir Pekalongan. (Istimewa)

Senada juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Jateng Sukirman. Menurutnya, ada tiga hal yang menjadi titik tekan dalam penanganan banjir ini. Antara lain sektor kesehatan, perbaikan lingkungan hingga pemikiran untuk relokasi warga.

“Saya akan izin Gus Yusuf agar Fraksi PKB mengusulkan relokasi. Salah satu upaya relokasi misalnya dengan program transmigrasi. Ini karena sebagian besar daerah di Kota Pekalongan sudah tidak layak dihuni akibat banjir,” kata Sukirman. 

“Kalau kemarau, lingkungan banjir air rob, kalau hujan kebanjiran. Sementara tanggul raksasa yang sudah dibangun ternyata secara teknis simalakama. Pas hujan justru menghalangi air hujan mengalir ke laut,” ujarnya.

Dia menilai transmigrasi merupakan salah satu mitigasi bencana banjir yang efektif. “Karena, selain memberikan tempat yang baru, masyarakat juga mendapatkan lahan untuk bekerja. Usulan ini memang berat, tapi perlu mulai dipikirkan,” kata Sekretaris DPW PKB Jateng ini.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3