Pilgub Jateng

Gaet Massa Nahdliyin, Gerindra Terus Dekati Gus Yusuf

Andik Sismanto ยท Senin, 18 Desember 2017 - 18:29:00 WIB
Gaet Massa Nahdliyin, Gerindra Terus Dekati Gus Yusuf
Ketua DPW PKB Jateng KH Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) dinilai jadi figur yang pas untuk mendampingi Sudirman Said dalam Pilgub Jateng 2018. (Foto: ist)

SEMARANG, iNews.id - Partai Gerindra terus mendekati KH Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf untuk mendampingi Sudirman Said yang sudah diusung jadi bakal calon gubernur (cagub) dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jateng 2018.

Pengasuh Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo Kabupaten Magelang yang juga ketua DPW PKB Jateng itu dinilai paling pas untuk mendampingi mantan Menteri ESDM itu dalam perebutan kursi Gubernur Jateng.

Sekretaris DPD Gerindra Jateng Sriyanto Suryo Saputro mengatakan, Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto memberikan keleluasaan kepada Sudirman Said untuk memilih calon pendamping.

Meski demikian, kata dia, DPD sangat mengharapkan Sudirman Said bisa menggandeng Gus Yusuf sebagai pendamping. "Kita mengharapkan memang dari unsur NU," katanya, Senin (18/12/2017).


Menurut Sriyanto, dengan menggandeng NU maka kekuatan akan semakin besar mengingat basis NU di Jawa Tengah juga sangat besar. Gus Yusuf juga merupakan salah satu tokoh karismatik yang cukup disegani kalangan Nahdliyin di Jateng.

Sriyanto mengakui, memang tidak mudah untuk menggaet Gus Yusuf, apalagi kalangan PKB sejak awal sudah menyatakan mengusung Marwan Jafar dalam Pilgub Jateng. Namun demikian, buka berarti Gus Yusuf tidak bisa digandeng untuk menjadi pendamping Sudirman Said.

Sriyanto mengaku, Gerindra cukup intens melakukan komunikasi dengan Gus Yusuf. Bahkan Sudirman Said dan Ketua DPD Gerindra Jateng Abdul Wachid juga sudah bertemu dengan Gus Yusuf. "Komunikasi sudah dilakukan, ketua kita juga sudah melakukan komunikasi dan sudah bertemu dengan beliau (Gus Yusuf)," katanya.

Disinggung dengan ketertarikan mantan Wakil Gubernur Jateng Rustriningsih untuk berdampingan dengan Sudirman Said, Sriyanto mengaku justru pihaknya belum mendengar hal itu. Namun, kata dia, pada dasarnya siapa pun akan diberikan kesempatan untuk mendampingi Sudirman Said yang sudah resmi diusung Gerindra dan PAN.


Editor : Kastolani Marzuki