Ganjar Pranowo Blusukan ke Kampung Cek Tempat Isolasi Pemudik

Nani Suherni ยท Minggu, 05 April 2020 - 14:00:00 WIB
Ganjar Pranowo Blusukan ke Kampung Cek Tempat Isolasi Pemudik
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat blusukan (Foto: Instagram/Ganjar Pranowo)

SEMARANG, iNews.id - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meminta sejumlah pemerintah desa menyiapkan lokasi karantina. Nantinya para pemudik harus bersedia dikarantina selama 14 hari.

Ganjar pun langsung berkeliling kampung di Semarang untuk memastikan kesiapan kepala desa. Dia pun sampai ke Desa Ngrapah, Kecamatan Banyubiru, Semarang.

"Dari semalam kami perintahkan Bu Kades lewat group WA. Hari ini langsung mengeksekusi. Makanya saya minta seluruh kades yang melihat vlog saya ini untuk segera menyiapkan tempat isolasi," ujar Ganjar dikuti akun Instagramnya, Minggu (5/4/2020).

Dia memastikan yang utama dalam penanganan karantina pemudik ini yakni gotong royong dari warga. Masalah kelengkapan, nanti Pemprov Jateng akan membantu.

Sementara itu, kepala Desa Ngrapah Wargiyati menjelaskan saat ini masih memiliki sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) tahun 2019. Saat ini lokasi karantina juga sudah disiapkan.

"Alhamdulillah kita punya Silpa Rp80. Kita langsung menyiapkan cairan disinfektan untuk menyemprot semua desa," katanya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Desa Bejalen, Kecamatan Ambarawa Sugiharto pun memastikan akan menggunakan balai desa untuk tempat isolasi. Saat ini sudah terdapat tujuh pemudik yang diisolasi di kampungnya.

"Sampai saat ini baru tujuh orang yang pulang kampung dan sudah menjalani isolasi di rumah masing-masing. Nanti kalau gedung isolasi di Balai Desa sudah siap, maka semua pemudik yang tiba langsung kami isolasi," ucapnya.

Editor : Nani Suherni