Ganjar Pranowo dan Istri Pilih Buat Masker Sendiri

Nani Suherni ยท Kamis, 09 April 2020 - 08:41:00 WIB
Ganjar Pranowo dan Istri Pilih Buat Masker Sendiri
Ganjar bersama istrinya Siti Atikoh membuat masker kain di rumah dinas (Foto: Dok Humas Pemprov Jateng)

SEMARANG, iNews.id - Pemerintah telah menetapkan pemakaian masker di tempat umum, sebagai bentuk kewajiban untuk menekan penyebaran Covid-19. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun memilih membuat masker sendiri jika sulit didapat di luar sana.

Ganjar bersama istrinya Siti Atikoh pun membagi ilmu membuat masker sendiri kepada warga. Keduanya terlihat kompak dalam membuat masker. Di atas meja kayu berukuran panjang, keduanya sama-sama bersemangat mempraktikkan cara membuat masker.

“Saya ingin kasih tips, bagaimana kamu bisa tetap pakai masker. Tentu saja kalau kamu tidak dapat dari mana-mana, buat sendiri saja,” kata Ganjar dikutip website remsi Pemprov Jateng, Kamis (9/4/2020).

Menurut dia, kali pertama yang harus disiapkan yakni kainnya. Dengan ukuran kain sekitar 37 cm x 27 cm. Usai kain dilipat, Ganjar mengingatkan agar disiapkan pula alat kerja yang menunjang pengerjaan pembuatan masker secara manual atau jahit tangan. Seperti gunting, jarum jahit, jarum pentul dan benang.

Kain kemudian dipotong dengan gunting hingga sesuai dengan ukurannya. Selanjutnya kain dilipat dan dipotong lagi menjadi dua bagian.

“Potong ujung-ujungnya, setelah itu lipat lagi. Rupanya harus dilipat lagi biar agak rapi,” katanya.

Tahapan selanjutnya, kain dilipat menjadi tiga lipatan dan ditandai dengan jarum pentul. Bagian pinggirnya dilipat. Tentu dengan bagian yang berlubang untuk menyelipkan tisu di bagian tengah.

Dengan gesit, Ganjar dibantu istri melanjutkan tahapan lainnya. Seperti melipat sisi tepi dan diberi jarum pentul. Setelah itu, bagian tepi dijahit tangan atau manual sampai rekat. Bila bagian lipatan sudah terjahit, barulah jarum pentul dicopot satu per satu. Sampai akhirnya kain tersebut rapi.

Selanjutnya disiapkan tali ikatnya. Tali yang sudah rapi diletakkan di bagian kanan dan kiri pada empat sudut kain. Tali disatukan dengan kain dan dijahit sampai kencang. Sampai akhirnya masker jadi.

“Di bagian dalam masker diberikan tisu. Mudah, kan,” ujarnya.


Editor : Nani Suherni