Ganjar Rayu ODGJ : Dipotong Dulu Rambutnya Biar Ganteng, Kan Mau Ketemu Notaris

Ahmad Antoni ยท Senin, 18 Juli 2022 - 13:08:00 WIB
Ganjar Rayu ODGJ : Dipotong Dulu Rambutnya Biar Ganteng, Kan Mau Ketemu Notaris
Gubernur Ganjar Pranowo bersama relawan saat merayu ODGJ di depan Masjid Tujuh Belas Purwokerto. (Ist)

BANYUMAS, iNews.id – Relawan peduli Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Banyumas mengajak Gubernur Jateng Ganjar Pranowo jogging sambil hunting mencari ODGJ, Senin (18/7/2022). Tak sekadar hunting, mereka juga mengevakuasi ODGJ ke rumah sakit

"Pagi pak, kami dari relawan ODGJ Banyumas. Ingin ikut jogging sama bapak dan kalau mau bapak kami ajak hunting ODGJ," kata Sapto Hadi Wibowo, salah satu anggota ODGJ Banyumas.

Ganjar dengan semangat mengiyakan ajakan mereka. Bagi Ganjar, ini pengalaman baru, bisa jogging bersama relawan ODGJ dan melihat aksi mereka selama menjalankan misi kemanusiaan itu.

Selama perjalanan, Ganjar tampak asyik ngobrol dengan para relawan. Di tengah jalan tepatnya di depan Masjid Tujuh Belas Purwokerto, tampak seorang pria dengan rambut gondrong dan baju lusuh sedang duduk di halte. Pria itu adalah ODGJ yang biasa nongkrong di tempat itu.

"Itu pak, ada ODGJ. Mari kita coba dekati dan dievakuasi untuk diberikan pengobatan," kata Sapto.

Belasan relawan itu langsung mendekati ODGJ. Dengan pendekatan yang ramah, mereka berhasil merayu ODGJ itu untuk diajak ngobrol bersama. Setelah diberi makan, minum dan diajak bercanda, ODGJ itu terlihat nyaman. Relawan kemudian merayu agar kuku dan rambut ODGJ itu dipotong. "Dipotong ya kuku sama rambutnya. Biar ganteng," rayu para relawan.

Awalnya ODGJ itu tidak mau. Ia takut akan dipasung. Namun relawan dan Ganjar berhasil merayu dengan pendekatan humanis. Ganjar bahkan sempat memberi uang pada ODGJ itu karena dia mengatakan ingin ke notaris.

"Ini uangnya buat ke notaris ya. Itu dipotong dulu rambutnya sama kukunya biar ganteng. Kan mau ketemu notaris," rayu Ganjar.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: