Harga Cabai Rawit Merah di Banyumas Meroket, Tembus Rp72.500 per Kilogram

Antara · Sabtu, 18 Maret 2023 - 17:35:00 WIB
Harga Cabai Rawit Merah di Banyumas Meroket, Tembus Rp72.500 per Kilogram
Ilustrasi - Komoditas cabai rawit merah. Foto: dok.

BANYUMAS, iNews.id - Harga cabai rawit merah di pasar tradisional Kabupaten Banyumas tembus Rp72.500 per kilogram. Kenaikan harga menyusul minimnya pasokan dan peningkatan permintaan dari konsumen menjelang Ramadan.

"Dalam beberapa hari terakhir, harga cabai rawit merah bertahan di kisaran Rp72.500 kilogram setelah melonjak dari Rp66.500 per kilogram," kata pedagang sayuran di Pasar Manis, Purwokerto, Anjar, Sabtu (18/3/2023).

Menurut dia, peningkatan harga cabai rawit merah terjadi karena permintaan dari konsumen terhadap komoditas tersebut melonjak. Di sisi lain, pasokan dari petani mengalami penurunan karena dampak cuaca di sentra penghasil cabai rawit merah.

Kendati demikian, dia mengaku khawatir harga cabai rawit merah semakin melonjak saat menjelang Lebaran, sehingga akan berdampak terhadap penjualan.

"Memang biasanya saat awal hingga Ramadan harga sejumlah komoditas termasuk cabai rawit merah relatif stabil, atau bahkan sedikit mengalami penurunan. Namun saat menjelang Lebaran akan kembali melonjak karena faktor distribusi pasokan maupun peningkatan permintaan dari konsumen," ujarnya. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel:


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews.id tidak terlibat dalam materi konten ini.