Hati-Hati Melintas, Tebing Jembatan Penghubung 4 Desa di Grobogan Longsor

Rustaman Nusantara ยท Kamis, 09 April 2020 - 12:49 WIB
Hati-Hati Melintas, Tebing Jembatan Penghubung 4 Desa di Grobogan Longsor
Tebing penyangga jembatan yang menghubungkan empat desa di Grobogan, Jawa Tengah longsor sepanjang sepuluh meter pada Kamis (9/4/2020) dini hari. (Foto: iNews/Rustaman Nusantara)

GROBOGAN, iNews.id - Tebing penyangga jembatan yang menghubungkan empat desa di Grobogan, Jawa Tengah longsor sepanjang sepuluh meter pada Kamis (9/4/2020) dini hari. Akibatnya akses menuju keempat desa tersebut terputus dan seluruh roda empat dialihkan ke jalur lain.

Longsor disebabkan curah hujan tinggi selama dua hari, sehingga Sungai Sadang di perbatasan Desa Karangrejo dengan Tunggulrejo, Kecamatan Gabus, Grobogan, meluap.

Kepala Desa Tunggulrejo Mustaqfirin menjelaskan jalur alternatif keempat wilayah terpaksa ditutup untuk sementara. Bagi kendaraan roda empat dialihkan ke jalur Sulursari, yang jaraknya dua kali lipat lebih jauh.

"Karena luapan itu, median jalan itu agak menurun. Di hari kedua semakin parah karena median jalan dekat jembatan kondisinya longsor," ucapnya, Kamis (9/4/2020).

Sementara kendaraan roda dua bisa melintasi jembatan yang hanya tinggal setapak. Pihak desa sudah melaporkan ke pemerintah daerah untuk segera ditangani.

Warga khawatir jika luapan Sungai Sadang kembali naik, air akan menggerus tebing. Parahnya jembatan bisa ambol dan akses terputus total.


Editor : Nani Suherni