Hebat, Siswa Madrasah di Solo Ini Ciptakan Robot Pembantu Apoteker

Widya Michella ยท Selasa, 14 September 2021 - 07:45:00 WIB
Hebat, Siswa Madrasah di Solo Ini Ciptakan Robot Pembantu Apoteker
Siswa MAN 1 Surakarta mampu menciptakan robot De Pharmacist yang diklaim dapat meminimalisir penularan Covid-19 di tengah masyarakat. (foto: Dok Kemenag)

JAKARTA, iNews.id  – Karya siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Surakarta Mufti Muammarul dan Tiara Vania Wijaya Putri layak dibanggakan. Mereka mampu menciptakan robot yang dinamakan De Pharmacist.

Robot De Pharmacist diklaim dapat meminimalisasi penularan Covid-19 di tengah masyarakat karena bekerja untuk meminimalisir interaksi antara apoteker dan pembeli. 

Pembina robotik MAN 1 Surakarta Prihantoro Eko Sulistyo didesain khusus untuk pencegahan penularan Covid-19 dan pada badan robot terdapat tiga loker atau slot jenis penyakit. 

Pemilihan slot obat penyakit juga disesuaikan dengan gejala Covid-19 yang saat ini sedang melanda. Ketiga penyakit tersebut sering dialami manusia, yakni batuk, demam dan pusing. 

Banyak kelebihan yang dimiliki oleh  Robot De Pharmacist salah satunya, robot ini dapat diaplikasikan di apotik, sekolah, dan di rumah. Biaya pembuatan robot juga sangat terjangakau. Satu robot hanya menelan biaya sekitar Rp400.000  karena terbuat dari akrilik, sehingga ringan dan kokoh. 

"Penggunaannya juga sangat mudah dan bisa dijalankan oleh siapa saja. Energi untuk mengoperasikan robot cukup minim, hanya memerlukan tegangan 5-7 Volt. Dengan berbagai kemudahan yang diberikan, robot De Pharmacist dapat dengan mudah diluncurkan ke masyarakat," kata Prihantoro dikutip pada laman resmi Kemenag, Selasa (14/9/2021).

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2