Heboh Isu NU Kendal Pecah Kongsi Gegara Dukung Bapaslon Bupati

Eddie Prayitno ยท Kamis, 17 September 2020 - 10:49 WIB
Heboh Isu NU Kendal Pecah Kongsi Gegara Dukung Bapaslon Bupati
Wakil Ketua Dewan Syuro PCNU Kendal KH Muchlis Musyaffa (Foto: iNews/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id - Wakil Ketua Dewan Syuro PCNU Kendal KH Muchlis Musyaffa memastikan tidak ada perpecahan di dalam organisasinya akibat Pilkada 2020. Jika ada kabar NU pecah, itu tidak benar.

KH Muchlis yang juga pengasuh Pondok Pesantren Al Musyaffa Sudipayung, Ngampel mengatakan, anggota NU ada di mana-mana. Artinya, anggota NU bisa jadi mendukung calon yang satu ataupun calon yang lainnya.

Jika ada yang mengatasnamakan NU dan menggiring untuk dukungan ke salah satu calon itu tidak benar. Namun, lain jika dukungan itu atas dasar pribadi.

"NU-nya enggak kemana-kemana. Tapi orangnya silakan monggo, kalau mengklaim atas nama NU itu enggak bener," kata KH Muchlis, Kamis (17/9/2020).

Statemen ini sebelumnya menegaskan isu dukungan para kyai dan tokoh masyarakat yang tergabung dalam wadah forum silaturahmi kyai dan tokoh masyarakat kendal mendukung pasangan Dico M Ganinduto dan Windu Suko Basuki sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kendal. Penegasan ini juga sekaligus menepis kabar perpecahan di tubuh NU Kendal.

"Ada yang ngomong gitu (NU dukung) salah satu paslon. Itu ya enggak boleh. NU itu wajib netral," ujarnya.


Editor : Nani Suherni