Hutan Gunung Slamet Masih Membara, Tim Gabungan Kewalahan Padamkan Api

Yunibar ยท Jumat, 20 September 2019 - 23:30 WIB
Hutan Gunung Slamet Masih Membara, Tim Gabungan Kewalahan Padamkan Api
Kobaran api masih membara di kawasan hutan lindung Gunung Slamet, Kabupaten Tegal. (Foto: iNews.id/Yunibar)

SLAWI, iNews.id – Tim gabungan kewalahan memadamkan api yang membakar kawasasan hutan lindung lereng Gunung Slamet, di Kabupaten Tegal dan Brebes, Jawa Tengah, Jumat (20/9/2019). Meski sebagian telah berhasil dipadamkan, muncul sejumlah titik api baru.

Relawan pecinta alam, Samirun mengatakan, lokasi titik api baru tersebut sulit dijangkau karena berada di lereng terjal. “Kami sudah membuat parit untuk melokalisir api agar tidak meluas. Tapi, begitu ditinggal, api nyala lagi,” katanya.

BACA JUGA: Sudah 3 Hari Hutan Gunung Slamet di Tegal Terbakar, Api Belum Bisa Dipadamkan

Dia mengatakan, kobaran api kini semakin emluas hingga merambah kawasan hutan di wilayah Banyumas. "Anginnya kencang, jadi api semakin besar. Sekarang mengarah ke selatan," ucapnya.

Wakil Administratur KPH Pekalongan Barat, Hartanto mengatakan, kebakaran hutan di lereng gunung tersebut sudah memasuki hari keempat. Dari total 25 hektare kawasan hutan lindung yang terbakar, baru 10 hektare yang berhasil dipadamkan.

“Untuk luasa hutan yang terbakar di Kabupaten Tegal ada 5 hektare. Sedangkan di Brebes ada 15 hektare. Tapi, baru bisa dipadamkan 10 hektare," katanya.

Kencangnya tiupan angin membuat kobaran api cepat merambat karena banyaknya semak belukar yang mengering. "Untuk pemadaman api yang 5 hektare ini kita kesulitan karena angin di atas itu kencang dan berada di lokasi yang terjal dan curam,” katanya.

BACA JUGA: Kebakaran Hutan Gunung Slamet Meluas, Pemadaman Api Terkendala Medan Terjal

Diketahui, kebakaran tersebut diketahui terjadi pada Selasa (17/9/2019) petang.

Kebakaran hutan telah menjalar ke wilayah Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes seluas 15 hektare. Sementara di Kabupaten Tegal kebakaran hutan lindung mencapai 5 hektare.

BPBD Kabupaten Tegal dan Brebes juga telah mendirikan posko dan dapur umum untuk kebutuhan logistik para petugas dan relawan.

Untuk memudahkan proses pemadaman, tim gabungan dibagi menjadi tiga yakni melalui Pos Sawangan di Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa dan pos pendakian jalur Permadi Guci. Sedangkan di Brebes, melalui Pos Kaliwadas di Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog.


Editor : Kastolani Marzuki