Pilgub Jateng

Ibu Presiden Jokowi Jadi Warga Solo Pertama Coklit Data Pemilih

Septyantoro ยท Sabtu, 20 Januari 2018 - 21:36:00 WIB
Ibu Presiden Jokowi Jadi Warga Solo Pertama Coklit Data Pemilih
Ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo, berjabat tangan dengan petugas setelah proses coklit di rumahnya, Jalan Pleret, Solo, Sabtu siang. (Foto: iNews/Septyantoro)

SOLO, iNews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) di seluruh Jawa Tengah (Jateng) memulai tahapan pilkada hari ini dengan mencocokkan dan meneliti data pemilih atau disebut coklit. Di Solo, Ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sudjiatmi Notomiharjo, menjadi orang pertama yang dipilih KPU setempat untuk coklit data secara faktual.

Petugas KPU, Panwaslu, dan petugas KPU Provinsi Jateng, mendatangi kediaman Ibunda Presiden Jokowi di Jalan Pleret 2 Nomor 9A Sumber Banjarsari, Solo, Jateng, Sabtu siang (20/1/2018). Petugas KPU sengaja memilih ibunda Jokowi menjadi yang pertama untuk coklit data pemilih peserta Pilkada Jateng 2018 karena dinilai merupakan figur yang dapat menginspirasi pemilih Kota Solo.

“Ibu sangat kooperatif. Itu yang menginspirasi kami menjadikan beliau sebagai leader opinion untuk Kota Surakarta. Ini menjadi sebuah contoh kepada masyarakat semua karena ibu ini tokoh yang sangat kooperatif. Beliau sangat ramah dan menyambut kami dengan baik,” kata Ketua KPU Solo Agus Sulistyo.
 
Program coklit merupakan salah satu tahapan pilkada yang digelar mulai tanggal 20 Januari hingga 18 Februari mendatang secara nasional. Coklit merupakan salah satu tahapan pilkada yang mengharuskan petugas KPU mendatangi rumah-rumah warga untuk melakukan verifikasi data nomor induk, nama, tanggal lahir, hingga nomor KK.

Setelah melakukan coklit, petugas menempel stiker di rumah yang ditempati sebagai tanda datanya sudah dicoklit. Dari situ diketahui kapan jadwal dan tempat memberikan suara di Pilgub Jateng nanti. "Salah satunya seperti yang dilakukan di rumah ibunda Presiden Jokowi. Ibu Sujiatmi, ibunda Presiden Jokowi terdaftar di tempat pemungutan suara (TPS) 23 Manahan Solo sebagai pemilih Pilgub Jateng 2018,” kata Agus Sulistyo.

Sementara Ketua Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Provinsi Jateng, Diana Arianti memaparkan, KPU Jateng menargetkan 140.000 orang menjadi yang pertama ikut dalam gerakan nasional mencoklit di wilayah Jateng. Coklit tahap pertama ini dilaksanakan serentak di 64.171 TPS, 8.559 desa/kelurahan, 573 kecamatan, dan 35 kabupaten/kota di Provinsi Jateng.

Editor : Maria Christina