Imbau Warga Tak Mudik Pakai Bahasa Jawa Ngapak, Kapendam Diponegoro: Aja Balik Disik

Nani Suherni ยท Kamis, 02 April 2020 - 09:49 WIB
Imbau Warga Tak Mudik Pakai Bahasa Jawa Ngapak, Kapendam Diponegoro: Aja Balik Disik
Kapendam IV/Diponegoro Letkol Kav Susanto (Foto: Instagram/Kodam Diponegoro)

SEMARANG, iNews.id - Imbauan untuk tidak mudik tidak hanya disampaikan sejumlah kepala daerah. Kali ini imbauan muncul dari Kapendam IV/Diponegoro Letkol Kav Susanto dengan menggunakan bahasa Jawa ala Banyumas, Jawa Tengah.

Dalam video yang diunggah akun Instagram resmi Kodam Diponegoro, Susanto menerangkan sejumlah alasan pemerintah melarang warga untuk mudik. Video berdurasi 2 menit lebih itu semuanya menggunakan bahasa Jawa gaya Banyumasan.

"Mbok rika kabeh balik gawa virus corona saiki lagi menedeni banget (Kalau kalian pulang ternyata membawa virus corona yang menakutkan," ujarnya dengan bahasa Jawa.

Dia pun memastikan, keluarga di desa sudah diamankan semua pihak. Sehingga para perantau yang ingin pulang hendaknya ditunda dulu. Jika kangen dengan orang kampung, manfaatkan jaringan telepon untuk menghubungi.

"Aja khawatir sing ning desa Insya Allah wis dijaga. Dadi baka pen pada ngerti kabare ramane, biyunge, kakine, ninine cukup telepon bae. Melu programe pemerintah, aja balik disik," ujarnya.

Video ini diunggah ulang oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan keterangan yang sama persis dengan penyaatan sang Kapendam IV/Diponegoro tersebut.

"Perhatikan pesan pak Tentara dari Kodam Diponegoro IV Jateng. ora ngapak ora kepenak cc @kodam_diponegoro," tulis Ganjar.

Video yang diunggah ulang itu pun sudah ditonton 37,498 orang dengan 167 komentar.


Editor : Nani Suherni