Ini Isi Surat Wasiat Siswa Kelas 5 SD di Temanggung yang Gantung Diri

Didik Dono Hartono ยท Senin, 07 Oktober 2019 - 19:54:00 WIB
Ini Isi Surat Wasiat Siswa Kelas 5 SD di Temanggung yang Gantung Diri
Tim Dokkes Polres Temanggung membawa jenazah HAN (12) bocah SD yang tewas gantung diri di rumahnya. (Foto: iNews.id/Didik Dono Hartono)

TEMANGGUNG, iNews.id – HAN (12), siswa kelas 5 SD yang ditemukan tewas gantung diri di rumahnya, Kampung Gemoh Kapling, Kelurahan Butuh, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung, Senin (7/10/2019) meninggalkan surat wasiat.

Surat wasiat itu ditulis tangan HAN di atas secarik kertas putih. HAN menuliskan surat wasiat itu ditujukan ke budenya, dalam bahasa Jawa.

Yo wes nek pancen Bokde rak kenal aku tak ngendat alias MATI nang buri omah. Seko Pinjol. (Ya sudah, kalau memang Bude tidak kenal aku tak bunuh diri di belakang rumah. Dari Pinjol),” tulisnya dalam surat wasiat tersebut.

Kasatreskrim Polres Temanggung, AKP Alvan Armin mengatakan, dari penyelidikan sementara di lokasi kejadian dan pemeriksaan tubuh korban, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan.

Meski demikian, polisi masih melakukan penyelidikan terkait kematian korban. Untuk memastikan penyebab kematiannya, jenazah siswa SD itu sudah diautopsi. “Kami masih melakukan penyelidikan terhadap kematian korban dan menunggu hasil autopsi jenazah korban,” kata Alvan Armin.

Tetangga korban, Sutarno mengaku terkejut dengan aksi HAN yang nekat bunuh diri. Selama ini, korban dikenal periang dan tidak ada tanda-tanda yang mencurigakan sebelum kejadian itu. Selama ini, kata dia, HAN tinggal bersama bapaknya, HS dan ibu tirinya, UP.

“Anak itu baik. Selama ini juga tidak ada kelakuannya yang aneh atau mencurigakan,” kata Sutarno.

Dia menuturkan, tubuh bocah itu ditemukan tergantung dan sudah tidak bernyawa oleh ayahnya sekitar pukul 05.30 WIB.

Jenazah korban sudah dimakamkan pihak keluarga di pemakaman umum Kelurahan Butuh, Temanggung setelah diautopsi di rumah sakit.


Editor : Kastolani Marzuki