Ini Tips Memilih Helm yang Aman untuk Berkendara dan Keren

Ary Wahyu Wibowo · Senin, 31 Januari 2022 - 09:08:00 WIB
Ini Tips Memilih Helm yang Aman untuk Berkendara dan Keren
Ilustrasi – Helm sebagai pelindung bagian kepala dari benturan ringan hingga keras. Foto: Ist.

SEMARANG, iNews.id – Menggunakan helm yang dipakai untuk berkendara harus memperhatikan fungsi utamanya sebagai pelindung bagian kepala. Tidak hanya hanya desain tampilan atau sekedar menutupi kepala, tetapi juga memproteksi kepala dari benturan ringan hingga keras. 

Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng, Alfian Dian Pradana mengatakan, model dan bentuk helm yang sesuai lifestyle bikers sangat beragam. Apalagi untuk generasi muda yang peduli pada fashion, helm yang dipilih tentu mempertimbangkan style dan kebutuhan. Namun jangan lupa mempertimbangkan unsur keamanan dan kenyamanannya. 

“Definisi helm keren itu adalah memiliki desain yang bagus, namun tetap mengutamakan perlindungan yang maksimal, dan kenyamanan bikers saat berkendara. Apabila bisa mendukung penampilan pengendara, tentunya akan semakin menyenangkan,” kata Alfian Dian Pradana, Senin (31/1/2022). 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih helm yang memperhatikan keamanan dan kenyamanan pengendara. 

“Pertama, kita bisa memilih helm yang sudah terstandarisasi kekuatan dan keamanan helm dalam memberikan perlindungan. Pilihan standarisasinya adalah SNI (Standart Nasional Indonesia), DOT (Department Of Transportation) yang diterbitkan oleh National Highway Traffic Safety Association, ataupun SNELL yang dikeluarkan oleh The SNELL Memorial Foundation,” katanya.  

Metode pengujian untuk mendapatkan standarisasi ini, salah satunya dengan menguji helm saat dibenturkan ke tembok atau bidang baja dengan kecepatan minimal 7 meter per detik.

Selain menguji kekuatan bahan luar helm, diuji pula kemampuan bagian dalam helm (styrofoam) dalam menyerap benturan. Faktor kekuatan material dalam menahan gesekan keras dan panas pun diuji dengan ketat untuk mengetahui kelayakan helm. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: